> >

Heboh Peserta UTBK-SBMPTN Curang, Pihak LTMPT Yakinkan Tak Ada Kebocoran Soal

Sosial | 20 Juni 2022, 12:00 WIB
Pihak LTMPT memberikan klarifikasi terkait hebohnya kabar dugaan kecurangan pada ujian seleksi UTBK-SBMPTN 2022. Pihak LTMPt mengatakan akan menindak tegas peserta yang terbukti curang. (Sumber: Antaranews)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mochamad Ashari buka suara setelah media sosial dihebohkan dengan 'bukti-bukti' kecurangan pada seleksi UTBK-SBMPTN 2022.

Ashari dalam surat edaran yang diterbitkan LTMPT menegaskan tak ada kebocoran soal selama pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022 baik gelombang 1 atau 2.

Pasalnya, dari 28 sesi ujian yang telah dirancang, pihak LTMPT mengatakan tak ada soal UTBK-SBMPTN 2022 yang sama di setiap sesi.

Ashari mengatakan, foto-foto yang beredar di media sosial terkait bocornya soal di UTBK-SBMPTN merupakan upaya sejumlah oknum untuk melakukan kecurangan.

Baca Juga: 4 Modus Kecurangan saat UTBK yang Paling Sering Ditemukan

Apabila ada peserta yang terbukti melakukan kecurangan, kata Ashari, pihak LTMPT tidak segan akan memberi sanksi tegas, baik secara administrasi maupun pidana.

Pihak LTMPT pun memastikan bahwa upaya kecurangan tersebut tidak akan berpengaruh pada penilaian masuk perguruan tinggi.

“LTMPT memastikan upaya curang dimaksud tidak berpengaruh terhadap keakuratan penilaian hasil UTBK sebagai bahan seleksi jalur SBMPTN 2022,” ungkap Ashari.

Saat ini, pihaknya masih melakukan pendalaman dengan memeriksa bukti-bukti pelanggaran yang bersumber dari Berita Acara Pelaksanaan Ujian (BAPU), sistem UTBK-SBMPTN 2022, laporan masyarakat dan yang beredar di media sosial, serta analisis kecurangan.

"LTMPT mengapresiasi seluruh peserta yang berusaha mengerjakan ujian dengan jujur dan mandiri. Kami juga akan  menindak secara tegas kepada para peserta yang terbukti melakukan kecurangan selama proses ujian berlangsung," tutupnya.

Penulis : Dian Nita Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU