> >

Kasus Covid-19 Naik di Arab Saudi, Puan: Kesehatan Jemaah Haji Harus Terjamin

Agama | 10 Juni 2022, 11:08 WIB
Jemaah haji Indonesia kloter pertama dari embarkasi Solo tiba di Madinah, Arab Saudi, Sabtu (4/6/2022). Saat ini, kasus Covid-19 di Arab Saudi sedang mengalami kenaikan. Kasus Covid-19 dikabarnya mencapai sampai seribu per hari. Pemerintah Indonesia pun diimbau untuk menjamin kesehatan jemaah. (Sumber: Kemenag RI)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ketua DPR RI Puan Maharani mewanti-wanti agar kesehatan jemaah haji Indonesia diperhatikan mengingat kasus Covid-19 di Arab Saudi dikabarkan mengalami kenaikan.

Penyebaran virus corona di Arab Saudi sendiri meningkat dan melewati ambang 1.000 kasus per hari. Per Rabu (8/6/2022), kasus Covid-19 di Arab Saudi mencapai 1.029 kasus.

Kasus paling banyak ditemukan di Riyadh, Ibu kota Arab Saudi.

Puan, sapaan akrabnya, mengingatkan agar pelayanan kesehatan ditingkatkan sehingga jemaah haji 2022 bisa melaksanakan ibadah dengan tenang.

“Kami meminta pemerintah meningkatkan antisipasi dengan adanya laporan kenaikan jumlah kasus Covid-19 di Arab Saudi. Pelayanan kesehatan jemaah haji kita harus terjamin sehingga ibadah mereka di Tanah Suci tidak terganggu,” kata Puan dalam keterangan tertulisnya, Jumat (10/6).

Jemaah haji Indonesia sudah mulai berdatangan di Arab Saudi sejak keberangkatan dibuka pada 4 Juni lalu. Adapun jemaah haji terakhir akan diberangkatkan pada 3 Juli mendatang.

Puan mengingatkan, kenaikan jumlah kasus tersebut berdasarkan laporan dari institusi kesehatan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab yang menyebutkan adanya lonjakan jumlah kasus baru Covid-19 yang mencapai 1.000 kasus per hari.  

Puan mengatakan, Panitia Penyelenggara Ibadah haji (PPIH) dan Petugas Kesehatan Haji Indonesia harus lebih ketat dalam memberlakukan protokol kesehatan terhadap jemaah haji.

“Selama menjalankan ibadah, selalu gunakan masker dengan benar saat berada di kerumunan atau ruang publik,” kata Puan.

Baca Juga: Update Haji 2022: Hari Kelima,Total 11.592 Diberangkatkan ke Tanah Suci

Penulis : Dedik Priyanto Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU