> >

Bertemu PM Anthony Albanese, Jokowi Sampaikan 5 poin Kerjasama Indonesia-Australia

Peristiwa | 6 Juni 2022, 13:19 WIB
Presiden Jokowi dan PM Australia Anthony Albanese menggunakan sepeda menuju Restoran Restorasa, untuk melakukan pertemuan tatap muka (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres/ninuk)

BOGOR, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo mengatakan, ada lima poin yang disampaikan saat bertemu Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese dan delegasi di Istana Kepresidenan.

Lima poin tersebut, fokus berbicara mengenai kerjasama ekonomi bilateral Indonesia-Australia.

Demikian Presiden Jokowi sesuai menggelar pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese dan delegasi di Istana Kepresidenan, Bogor. Senin (6/6/2022).

“Beberapa hal yang saya sampaikan, pertama saya menyampaikan pentingnya perluasan akses ekspor produk Indonesia dengan nilai tambah tinggi ke Australia misalnya otomotif, ekspor perdana mobil, CBU Completely Built Up buatan Indonesia ke Australia dimulai di bulan Februari yang lalu,” ujarnya.

“Dan saya mengharapkan agar ekspor seperti ini akan terus terbuka,” tambahnya.

Baca Juga: Jokowi: Indonesia Miliki Dua Pondasi Kuat Dalam Hubungan Bilateral dengan Australia

Kedua, Presiden Jokowi berharap implementasi IA CEPA terutama terkait kesempatan WNI untuk bekerja di Australia dapat ditingkatkan, termasuk penambahan kuota working holiday visa menjadi 5.000 peserta per tahun.

Ketiga, Presiden Jokowi menyampaikan menyambut baik kerjasama di bidang pendidikan dan kesehatan, pembukaan Monash University di BSD diharapkan meningkatkan investasi Australia bagi pengembangan SDM keterampilan tinggi di Indonesia.

“Saya juga mengapresiasi investasi aspen medical untuk membangun 23 rumah sakit dan 650 Klinik di provinsi Jawa Barat senilai U$1 miliar dolar selama 20 tahun,” ucapnya.

Keempat, Presiden Jokowi menuturkan penting bagi Indonesia- Australia untuk memperkuat ketahanan pangan.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU