> >

Kemenag: Jemaah yang Wafat di Arab Saudi Akan Dibadalhajikan

Agama | 6 Juni 2022, 10:14 WIB
Ilustrasi. Kemenag memastikan badal haji akan diberikan kepada jemaah Indonesia yang meninggal dunia ketika menunaikan ibadah haji di Madinah, Arab Saudi. (Sumber: Antara/Diskominfo Medan)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Agama (Kemenag) memastikan badal haji akan diberikan kepada jemaah Indonesia yang meninggal dunia ketika menunaikan ibadah haji di Madinah, Arab Saudi.

"Seluruh jemaah yang wafat di Arab Saudi akan dibadalhajikan," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Ahmad Abdullah dalam konferensi pers secara daring, dikutip Kompas.tv Senin (6/6/2022).

Untuk diketahui, badal haji adalah wakil haji atau seseorang yang melaksanakan ibadah haji untuk menggantikan orang lain yang tak bisa menunaikan haji, salah satunya karena meninggal dunia.

Penjelasan ini disampaikan Abdullah menyusul adanya satu calon haji Indonesia yang wafat setibanya di Madinah. Jemaah tersebut bernama Suhati Rahmat Ali Binti H. Rahmat dengan Nomor Paspor C6495065 dan berusia 64 tahun.

Tak lupa, Abdullah juga mengucapkan doa untuk almarhumah yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) pertama Embakasi Jakarta-Pondok Gede (JKG1) itu.

Baca Juga: Satu Jemaah Haji Asal Jakarta Meninggal Dunia saat Tiba di Madinah, Ini Kronologinya

“Mari kita doakan semoga almarhumah wafat dalam keadaan husnul hatimah dan ibadahnya diterima Allah SWT. Amin,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga memastikan akan menyampaikan data dan kondisi jemaah haji Indonesia, baik yang masih di Tanah Air maupun yang sudah di Tanah Suci. Termasuk akan dijelaskan juga data jemaah haji Indonesia yang wafat.

"Pemerintah hanya akan merilis data jemaah wafat yang telah keluar COD-nya (certificate of dead) dari pihak berwenang," ujarnya.

Selain itu, Abdullah mengatakan penyelenggaraan haji tahun ini bertepatan dengan musim panas. Kondisi cuaca rata-rata di Arab berkisar antara 30 derajat celcius sampai 43 derajat celcius.

Penulis : Nurul Fitriana Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU