> >

Jokowi Tak Disambut Pejabat AS, Kemenlu: Tidak Ada yang Harus Dirisaukan

Peristiwa | 12 Mei 2022, 13:35 WIB
Presiden Jokowi, Ibu Negara Iriana & rombongan tiba di Bandara Andrew Air Force Base, Washington DC, AS. Kedatangan Presiden disambut Dubes RI untuk AS dan sejumlah perwakilan dari AS. (Sumber: istimewa)

JAKARTA, KOMPAS. TV – Kementerian Luar Negeri RI menyatakan tidak adanya penyambutan pejabat Amerika Serikat  saat Presiden Joko Widodo tiba di Washington DC Amerika Serikat Rabu (11/5/), bukan hal yang perlu dirisaukan.  

Menurut Kemenlu, semua pemimpin negara ASEAN yang tiba di AS untuk menghadiri ASEAN-US Special Summit atau  KTT ASEAN-AS pun mendapat perlakuan yang sama.

“Kita tidak melihat hal yang perlu dirisaukan,” ujar Juru BIcara Kemenlu Teuku Faizasyah, di Jakarta, Kamis (12/5/2022).

Baca Juga: Dubes RI Sambut Kedatangan Presiden Jokowi di Amerika Serikat untuk Hadiri KTT ASEAN-AS

Faizasyah menjelaskan bahwa kunjungan Presiden Joko Widodo ke Amerika Serikat adalah dalam rangka kemitraan ASEAN dan Amerika Serikat.

Karena itu, menurutnya, perlu dibedakan antara penyambutan atau protokoler dalam kegiatan diplomasi bilateral dan yang sifatnya semi multilateral.

Namun menurutnya yang penting untuk ditekankan dalam pertemuan KTT  ASEAN – AS adalah pembahasan-pembahasan yang lebih substansi.

Baca Juga: AS Diminta Tak Sertakan Israel dalam Penyelidikan Kematian Jurnalis Al-Jazeera Shireen Abu Akleh

“Memang  dalam praktek diplomasi ada perbedaan bilateral dan semi multilateral. Dikedepankan sisi substansi,” urainya.

Karena itu dia menyayangkan adanya pihak-pihak yang mengangkat, isue-isue yang sifatnya kurang substantif.

Penulis : Vidi Batlolone Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU