> >

Kemenpan RB Siapkan Penerimaan Pegawai Baru Khusus Orang Asli Papua, Harus Terlaksana 2022

Sosial | 9 Mei 2022, 23:05 WIB
Menpan RB sebut Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) segera menyiapkan penerimaan pegawai baru khusus untuk orang asli Papua (OAP). (Sumber: Kemenpan RB)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) segera menyiapkan penerimaan pegawai baru khusus untuk orang asli Papua (OAP).

Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo, saat memimpin apel pagi Kementerian PANRB, di Jakarta, Senin (9/5/2022), mengatakan hal itu merupakan tugas jangka pendek yang harus diselesaikan.

“Tugas jangka pendek yang harus diselesaikan oleh Kemenpan RB, adalah segera mempersiapkan penerimaan pegawai baru khusus untuk orang asli Papua,” jelasnya, dikutip dari kanal Youtube Kemenpan RB.

Nantinya para pegawai yang diterima akan ditempatkan di tiga provinsi pemekaran di Papua.

Selain di ketiga provinsi pemekaran, juga akan menempatkan orang asli Papua di seluruh kementerian/lembaga, dan pemerintah daerah.

Baca Juga: Menpan RB Beri Arahan PNS untuk WFH Seminggu Usai Mudik, Masuk Kantor Diperkirakan 16 Mei

“Ini harus segera dilaksanakan tahun 2022 sebagaimana arahan Bapak Presiden,” tegasnya.

Kedua, lanjut Tjahjo, data klaster pertama untuk enam ribu pegawai, termasuk TNI-Polri yang dipersiapkan awal 2024 untuk pindah ke ibu kota negara baru juga harus sudah detail di masing-masing kementerian/lembaga.

Dalam kesempatan itu, Tjahjo juga menyebut bahwa selama kurun waktu dua tahun terakhir, ia menilai program kerja Kementerian PAN RB telah berjalan dengan baik.

Meski demikian, masih ada beberapa agenda reformasi birokrasi yang membutuhkan percepatan.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU