> >

Tanah Indonesia, Punya Siapa? - AIMAN (5)

Aiman | 1 Juli 2018, 20:40 WIB

Sejumlah data terkait Rasio Gini Lahan yang menunjukkan ketimpangan penguasaan tanah di Indonesia beredar belakagan ini. Politisi senior PAN Amien Rais menyebutkan 74% tanah Indonesia dikuasai segelintir orang. Sementara politisi senior Partai Gerindra Prabowo Subianto menyebutkan 80% tanah di Indonesia hanya dikuasai 1% dari total jumlah penduduk. Untuk mengkonfirmasinya, jurnalis KompasTV, Aiman Witjaksono, mewawancara Menteri Agraria dan Tata Ruang sekaligus Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sofyan Djalil.

Sofyan Djalil membantah data Rasio Gini Lahan yang disebut sejumlah pihak dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Pasalnya, data rasio hanya diperuntukkan untuk menunjukkan ketimpangan pendapatan penduduk. Sedangkan terkait lahan, BPS hanya mengeluarkan data penguasaan lahan oleh petani dan rumah tangga.

Sofyan meragukan data yang diungkapkan para politisi, karena dapat digunakan dan disalahgunakan. Namun, apa jawaban Sofyan Djalil atas indikasi kampanye atas foto Presiden Jokowi yang terpampang pada sampul belakang sertifikat? 

Penulis : edika-ipelona

Sumber : Kompas TV


TERBARU