> >

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik dengan Kunyit, Simak Manfaat dan Efek Sampingnya

Kesehatan | 22 Maret 2022, 11:50 WIB
Kunyit disebut sebagai salah satu alternatif untuk mengobati penyakit asam lambung yang sering dikeluhkan oleh banyak orang. (Sumber: Freepik)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penyakit asam lambung merupakan salah satu yang kerap dikeluhkan oleh sebagian dari kita.

Asam lambung adalah cairan dalam lambung (HCl) dengan tingkat keasaman tertentu yang berperan membunuh mikroorganisme, membantu memecah, mencerna, dan menyerap nutrisi dalam makanan.

Penyakit asam lambung sendiri terjadi saat katup atau sfingter esofagus bagian bawah tidak menutup segera setelah makanan masuk. Akibatnya, asam lambung naik ke kerongkongan.

Baca Juga: Asam Lambung Kambuh karena Minum Kopi, Puspomad Tolak Permintaan Brigjen Junior Dirujuk ke RSPAD

Pada beberapa kasus, asam lambung dapat menyebabkan gejala yang tidak nyaman, seperti rasa terbakar di dada hingga mulas. Apabila tidak segera ditangani, penderita dapat mengalami penyakit refluks gastroesofageal (GERD).

Ada beberapa alternatif alami untuk meredakan asam lambung yang kambuh. Salah satunya dengan menggunakan kunyit.

Manfaat kunyit untuk asam lambung

Melansir Medical News Today, Selasa (22/3/2022), kunyit dapat melindungi sel-sel mukosa yang ada di kerongkongan dari asam lambung.

Dalam jurnal yang diterbitkan pada 2019 lalu, hal ini dikarenakan kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dari senyawa kurkuminnya. 

Senyawa kurkumin adalah jenis antioksidan polifenol yang bertindak sebagai antivirus, antibakteri, dan berpotensi sebagai zat antikanker.

Sejumlah penelitian telah dilakukan, khususnya terkait manfaat kunyit untuk meredakan asam lambung. Namun, peneliti perlu melakukan kajian lebih lanjut untuk membandingkan efektivitas kurkumin dalam perawatan klinis.

Penulis : Fiqih Rahmawati Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Medical News Today, Kompas.com


TERBARU