> >

Muhammadiyah Terima Dubes Ukraina: Kami akan Bantu Masyarakat Ukraina Korban Perang

Peristiwa | 10 Maret 2022, 18:06 WIB
Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin saat menyambangi Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (10/3/2022). (Sumber: Istimewa)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin menyambangi kantor Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (10/3/2022).

Vasyl Hamianin dan jajarannya diterima dengan baik oleh sejumlah pimpinan Muhammadiyah, di antaranya adalah Abdul Mu`ti selaku Sekretaris Umum PP Muhammadiyah.

Salah satu agenda pertemuan itu adalah membahas situasi negara di Eropa Timur itu pasca invasi yang dilakukan oleh Rusia.

Sebab, akibat serangan yang dilancarkan oleh Negeri Beruang Merah itu banyak komunitas muslim di Ukraina yang terkena dampak.

Baca Juga: Sniper Mematikan Siap Bantu Ukraina Habisi Tentara Rusia, Sebelumnya Jadi Ancaman ISIS dan Taliban

Vasyl Hamianin berharap Muhammadiyah dapat membantu masyarakat Ukraina agar bebannya bisa teringankan.

"Saya punya contoh, saya punya teman di Indonesia yang mau berdonasi untuk kebutuhan kemanusiaan, tapi mereka tidak tahu bagaimana caranya. Kami berharap bahwa pimpinan Muhammadiyah akan bantu kita mengidentifikasi lembaga-lembaga amal, apa pun itu yang bisa menghimpun dana atau apapun," kata Vasyl Hamianin usai pertemuan itu, Kamis (10/3/2022)

Sementara itu, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti mengatakan, dalam pertemuan tersebut membahas terkait dukungan lembaganya kepada perjuangan bangsa Ukraina. 

Baca Juga: Jaringan Laboratorium Biologi Ukraina di Bawah Kendali Pentagon Diungkap Rusia, Lalu Saling Tuding

"Dalam pertemuan itu kami sampaikan beberapa hal yang berkaitan bagaimana dukungan Muhammadiyah terhadap perjuangan bangsa Ukraina dan apa yang bisa kita lakukan bantu terhadap masyarakat Ukraina yang sedang alami kesulitan dan jadi korban," ujar Mu`ti.

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU