> >

Puan Maharani Usul Letak Mabes TNI dan Polri Mengapit Istana di IKN Baru

Peristiwa | 1 Maret 2022, 16:59 WIB
Puan Maharani pun takjub dengan Muhammadiyah di milad ke-109, begitu halnya Jenderal Sigit (Sumber: Tangkapan layar sambutan Puan di Milad Muhammadiyah)

JAKARTA, KOMPAS. TV – Ketua Dewan Perwakian Rakyat (DPR) Puan Maharani mengusulkan letak Markas Besar TNI dan Markas Besar Polri di Ibu Kota Baru mengapit Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Menurut Puan hal ini berbeda dengan rencana sebelumnya di mana Mabes Polri ada di belakang Mabes TNI.

Hal ini disampaikan Puan Maharani dalam rapat pinpinan (rapim) TNI-Polri, di Mabes TNI, Cilangkap Jakarta, Selasa (1/3/2022).

“Pendapat saya harusnya berdekatan dan posisi Mabes TNI dan Mabes Polri mengapit Istana Negara sehingga ketika koordinasi dan jika perlu BKO menjadi mudah,” tuturnya.

Baca Juga: Puan Minta TNI-Polri Bantu Kawal Pemulihan Ekonomi dan Sosial Dampak Pandemi Covid-19

Saat memberikan pembekalan kepada komando utama (Kotama) TNI-Polri, termasuk para Pangdam dan Kapolda ini, Puan menceritakan pengalamannya meninjau lokasi IKN Nusantara.

Puan meninjau langsung IKN Nusantara pada 16 Februari 2022 sebagai bentuk pengawalan legislatif setelah UU IKN resmi disahkan.

“Saat saya mendapat pemaparan lokasi Istana Negara, gedung pemerintahan, dan lain sebagainya, yang saya tanya malah Mabes TNI dan Mabes Polri di mana,” ungkap Puan.

Pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang hadir menjelaskan Mabes TNI berada di sisi depan Istana. Namun Mabes Polri posisinya berada di bagian bawah Istana dan Mabes TNI.

Baca Juga: Terbitkan Maklumat, Masyarakat Adat Kalimantan Tuntut Jabatan-Jabatan Strategis di IKN Baru

Penulis : Vidi Batlolone Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU