> >

G20 Dorong Tiga Prioritas: Kesehatan Global, Ekonomi Digital dan Transisi Energi

Peristiwa | 17 Februari 2022, 13:01 WIB
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Sumber: Tangkapan layar YouTube)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan Presidensi G20 2022 Indonesia mendorong langkah konkret untuk tiga area prioritas yakni arsitektur kesehatan global, transformasi ekonomi digital dan transisi energi.

“Presidensi G20 Indonesia memandang penting perlunya langkah konkret bersama di ketiga area prioritas tersebut dalam rangka menuju pemulihan global yang berkelanjutan,” kata Menko Airlangga Hartarto di Jakarta, Kamis (17/2/2022), seperti dikutip Antara.

Baca Juga: Dukung Urban 20, Menko Airlangga Minta Isu Perkotaan Sejalan dengan Tema Presidensi G20

Di bidang kesehatan, menurutnya aspek penting yang diusung Presidensi Indonesia adalah respon global dan inklusivitas dalam mengatasi pandemi COVID-19 terutama untuk akses vaksin yang terjangkau serta penguatan arsitektur kesehatan global.

Sementara terkait upaya transformasi digital, kata dia, juga dilakukan mengingat masa pandemi telah mengakselerasi pemanfaatan teknologi digital di segala sektor perekonomian dan sosial.

Indonesia menekankan pentingnya ketersediaan infrastruktur atau hardware digital seperti jaringan serat optik agar berbagai platform digital dapat terjangkau dan mudah diakses.

Menko Airlangga memberi contoh Kartu Prakerja yang merupakan program pemerintah ini bagian dari transformasi digital yakni mekanisme pelatihan secara digital untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia.

Baca Juga: Ini Konsep Travel Bubble Bagi Delegasi Peserta G20: Karantina tapi Ada Hiburan

Pelatihan berupa skilling, reskilling dan upskilling dilakukan secara digital dan Kartu Prakerja juga sekaligus sebagai platform semi-bansos bagi masyarakat terdampak pandemi.

Untuk transisi energi, kata dia, Indonesia sedang mengkaji mekanisme pembiayaan yang tepat guna mewujudkan langkah transformasi yang didorong dengan investasi di bidang energi terbarukan.

Penulis : Tussie Ayu Editor : Purwanto

Sumber : Antara


TERBARU