> >

Mengapa Gempa Banten Terasa Kuat di Jakarta? Ini Penjelasan BMKG

Peristiwa | 15 Januari 2022, 17:18 WIB
Ilustrasi. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan penyebab gempa bermagnitudo 6,6 di wilayah Banten kemarin, 14 Januari 2022, terasa kuat di Jakarta. (Sumber: Kompastv/Ant)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan penyebab gempa bermagnitudo 6,6 di wilayah Banten kemarin, 14 Januari 2022, terasa kuat di Jakarta.

Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, hal tersebut diakibatkan oleh kondisi tanah di Ibu Kota yang lunak.

"Kondisi tanah di Jakarta itu kondisinya lunak, yang membuat guncang gempa sangat terasa terutama di gedung-gedung tinggi," jelas Daryono dalam program Kompas Petang KOMPAS TV, Sabtu (15/1/2022).

Daryono menyebut, tanah di Jakarta merupakan disposisi dari pegunungan Bogor dan mengakibatkan Jakarta sangat rawan guncangan gempa.

Oleh karena itu, Jakarta harus bisa menjamin gedung-gedung tahan dari guncangan gempa.

Baca Juga: Selain 257 Rumah di Pandeglang, Dampak Gempa Juga Rusak Puluhan Bangunan di Serang hingga Sukabumi

Gempa Susulan

BMKG mencatat, setelah dilanda gempa bumi utama kemarin, 14 Januari 2022, wilayah Sumur, Banten, kembali diguncang sedikitnya 32 gempa susulan hari ini, Sabtu (15/1/2022).

Hasil monitoring BMKG terhadap gempa Banten hingga pukul 09.50 WIB, hari ini, menunjukkan adanya 32 aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock dengan magnitudo terbesar M 5,7 dan magnitudo terkecil adalah M 2,5.

"Gempa susulan yang terjadi dengan magnitudo terbesar 5,7 dan magitudo terkecil adalah 2,5," kata Daryono dilansir dari Antara, Sabtu.

Gempa pada Jumat (14/1/2022), tercatat bermagnitudo 6,6 yang berpusat di laut pada jarak 132 km arah barat daya Kota Pandeglang, Banten, dengan kedalaman hiposenter 40 km memiliki mekanisme sumber pergerakan naik (thrust fault) akibat adanya proses tekanan yang kuat.

Penulis : Hedi Basri Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU