> >

Sehat Mana Telur Rebus atau Telur Orak-arik untuk Diet? Ini Penjelasannya

Kesehatan | 9 Januari 2022, 18:24 WIB
Telur mentah. (Sumber: Medical Daily)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sajian telur rebus dan telur orak-arik kerap dipilih sebagai makanan bagi orang yang sedang melakukan laku diet atau menjaga berat badan karena minimnya minyak.

Sementara telur goreng dihindari karena dianggap dapat mengikat banyak minyak dan membahayakan tubuh dengan kadar kolesterol jahat yang cukup.

Telur orak-arik dipilih karena menggunakan minyak yang minim dan dianggap memiliki khasiat yang sama dengan telur rebus. Benarkah demikian?

Dalam laporan Kompas.com, komposisi nutrisi yang dimiliki telur bisa berbeda-beda tergantung bagaimana proses pengolahannya.

Baca Juga: Sajian Khas Natal: Kue Jadul Fruitcake, Berikut Resep dan Tips Membuatnya

Cara pengolahan dapat memengaruhi nutrisi pada telur karena level pemanasan bisa mengurangi kadar vitamin, mineral, dan lemak baik yang ada.

Risiko rusaknya nutrisi dalam telur orak-arik yang memiliki proses pemanasan yang singkat sangatlah kecil.

Proses pembuatan telur orak-arik yang diacak dalam wajan akan membuat bagian telur cepat matang ketimbang telur mata sapi yang harus menunggu beberapa waktu dulu.

Sedang untuk telur rebus yang memiliki waktu matang yang lama dari telur orak-arik, karena tak tersentuh oleh kandungan minyak atau mentega yang tinggi kolesterol, nutrisinya terbilang baik.

Baca Juga: Telur Puyuh Punya Corak Cangkang yang Unik, Apa Fungsinya?

Penulis : Danang Suryo Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas.com


TERBARU