> >

Jakarta Naik Status PPKM Level 2, Wagub DKI Singgung Penanganan Covid-19 di Daerah Penyangga

Update corona | 5 Januari 2022, 01:49 WIB
Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria singgung penanganan Covid-19 di daerah penyangga sebagai penyebab naiknya status Ibu Kota jadi PPKM Level 2. (Sumber: Dok. PPID DKI Jakarta)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Daerah penyangga Ibu Kota diduga menjadi penyebab naiknya status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jakarta, dari Level 1 ke Leval 2.

Menurut Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, daerah-daerah penyangga itu masih belum optimal dalam penanganan Covid-19 sehingga dampaknya sampai ke Ibu Kota.

"Memang sekarang harus memperhatikan wilayah daerah penyangga, Bekasi, Bogor, Tangerang Selatan, Tangerang, dan lain-lain," kata Riza dikutip dari Kompas.com, Selasa (4/1/2022).

Riza menerangkan, salah satu upaya penanganan pandemi yang perlu ditingkatkan oleh daerah-daerah tersebut adalah vaksinasi Covid-19.

Baca Juga: Nasib PTM 100 Persen kala Jakarta Turun ke PPKM Level 2

Mengingat, capaian vaksinasi DKI Jakarta yang sudah melampaui target, ternyata tidak dapat menjadi jaminan supaya kondisi tetap stabil dan terjaga dari lonjakan kasus Covid-19.

"Jakarta tingkat vaksinasi sudah 120 persen, penyebaran Covid-19 rendah, angka kematian kecil, dan berbagai fasilitas baik. Meski demikian, daerah sekitar Jakarta masih harus menjadi perhatian," ujar Riza.

Di samping itu, Riza menegaskan, status PPKM Level 2 di Jakarta saat ini tidak berkaitan dengan lonjakan kasus Covid-19 varian Omicron yang sudah mencapai angka 252 orang.

"Tidak ada hubungannya (PPKM Level 2 di Jakarta) dengan lonjakan kasus Covid-19 varian Omicron," jelasnya.

Baca Juga: Simak! Ini Aturan Lengkap PPKM Level 2 di Wilayah Jawa-Bali, Termasuk Jakarta

Penulis : Aryo Sumbogo Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas.com


TERBARU