> >

Resmikan Bandar Udara Tebelian, Jokowi: Bandara Ini Mampu Layani 75.000 Penumpang per Tahun

Berita utama | 8 Desember 2021, 11:34 WIB
Presiden Jokowi membeli dan langsung mengenakan jaket bomber bermotif manok atau tali pengikat kaki ayam, sebagai atribut peresmian Bandara Tebelian Sintang. Tenunan berasal dari Desa Umin Jaya dan penjahit dr UMKM Kota Sintang. Designer jaket bernama Ibu Ernawati asli Kota Sintang. (Sumber: agus suparto)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo mengatakan, pembangunan Bandara Tebelian di Sintang, Kalimantan Barat, menghabiskan anggaran totalnya Rp518 miliar. Dalam operasionalnya, Jokowi menuturkan Bandara Tebelian akan mampu melayani 75.000 penumpang per tahun.

Demikian Presiden Jokowi dalam pernyataanya seusai meninjau dan meresmikan Bandara Tebelian di Sintang, Kalimantan Barat, Rabu (8/12/2021).

“Bandara ini akan mampu melayani penumpang 75.000 penumpang per tahun dan menghabiskan anggaran totalnya Rp518 miliar,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, Bandara Tebelian sangat penting untuk melayani peningkatan kebutuhan transportasi udara bagi masyarakat dan melayani arus pergerakan orang yang semakin ramai.

Lebih lanjut, Jokowi menuturkan di era kompetisi antar-negara yang semakin sengit Indonesia memang harus bergerak dengan lebih cepat.

Baca Juga: Ke Kalbar, Jokowi Resmikan Bandara Tebelian hingga Beri Bantuan Korban Banjir Sintang

“Oleh sebab itu kelancaran konektivitas adalah kunci dan kita harus mampu membuat konektivitas antar-provinsi, antar-daerah, antar-kabupaten semakin mudah dan lancar terjangkau oleh masyarakat,” ucapnya.

“Sehingga sentra-sentra ekonomi yang baru akan tumbuh semakin banyak di berbagai daerah,” kata dia.

Jokowi menambahkan, saat ini Indonesia patut bersyukur karena angka investasi tahun ini di luar Jawa semakin meningkat dan lebih tinggi dibandingkan di Jawa.

Dia menilai peningkatkan investasi di luar jawa, tidak lepas dari upaya kita dalam menyiapkan infrastruktur secara merata di seluruh penjuru tanah air.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU