> >

Imbas Kecelakaan Berturut-turut, Komisi B DPRD DKI Minta Jajaran Direksi Transjakarta Direorganisasi

Peristiwa | 6 Desember 2021, 18:53 WIB
Rapat kerja Komisi B DPRD DKI Jakarta dengan PT Transjakarta pada Senin (6/12/2021), menyusul terjadinya kecelakan berturut-turut yang melibatkan bus Transjakarta. (Sumber: Kompas.tv/HASYA NINDITA)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Abdul Aziz meminta adanya reorganisasi pada struktur direksi PT Transjakarta, khususnya di bidang keselamatan, menyusul kecelakan berturut-turut yang melibatkan bus Transjakarta dalam beberapa hari belakangan. 

"Pertama adalah harus diadakan reorganisasi struktur dan harus ada penanggung jawab di bidang keselamatan," kata Aziz dalam rapat kerja Komisi B dengan direksi PT Transjakarta di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (6/12/2021). 

Aziz menjelaskan, setidaknya perlu ada penambahan satu direksi yang khusus bertanggung jawab atas keselamatan penumpang.

"Ini sangat penting karena perusahaan-perusahaan transportasi itu harus punya orang yang bertanggung jawab terhadap keselamatan dan itu ternyata di Transjakarta belum ada, setelah kami review," kata Aziz. 

Baca Juga: Transjakarta Kecelakaan Berulang, Komisi B DPRD DKI Desak Jajaran Direksi Transjakarta Mundur

Lebih lanjut, Aziz juga menjelaskan rekomendasi lain dari Komisi B kepada PT Transjakarta. 

"Kedua, adalah audit total melibatkan KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) agar kita bisa tahu persis kenapa kejadian ini terjadi," kata Aziz. 

Ketiga, katanya, adalah review operator-operator yang sudah tidak memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM). 

"Sekali lagi, yang kita utamakan adalah keselamatan, jangan ragu-ragu apabila ada operator yang tidak memenuhi SPM ini agar ditindak," kata Aziz. 

Tiga rekomendasi ini diminta agar dipertanggungjawabkan dan ditindaklanjuti oleh jajaran direksi PT Transjakarta. 

Penulis : Hasya Nindita Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU