> >

SBY Ungkap Langsung Kondisi Terkini Dirinya Pasca Operasi Besar Angkat Kanker Prostat

Berita utama | 23 November 2021, 11:34 WIB
Kondisi terkini SBY setelah menjalani operasi kanker prostat. (Sumber: Dokumentasi Pribadi AHY)

AMERIKA SERIKAT, KOMPAS.TV- Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono telah menjalani tindakan medis operasi besar untuk mengangkat prostat yang di dalamnya terdapat sel-sel kanker.

Keterangan disampaikan SBY melalui postingan di Instagram @aniyudhoyono, Selasa (23/11/2021).

“Alhamdulillah, saya telah menjalani tindakan medis, operasi besar, major operation untuk mengangkat prostat saya yang didalamnya ada sel-sel kanker,” ucap SBY.

“Operasi pengangkatan prostat yang saya alami telah berjalan dengan baik dan lancar, sesuai dengan ekspektasi baik dengan tim dokter Indonesia maupun tim dokter Mayo Clinic dan tentunya harapan saya sendiri.”

SBY lebih lanjut mengatakan, pasca tindakan medis dirinya masih melakukan pemulihan dan juga kontrol kesehatannya.

Baca Juga: Sorot Pertemuan Politik Megawati, Prabowo dan Puan di Istana, Andi Mallarangeng Bandingkan Zaman SBY

“Sejauh ini pasca tindakan yang dilaksanakan 11 hari yang lalu, tim Dokter menyimpulkan bahwa apa yang saya alami ini sesuai dengan perkiraan bagi siapapun yang menjalani operasi pengangkatan kanker prostat yang dideritanya,” ujarnya.

“Operasi besar yang saya jalani ini tentu memiliki risiko, saya tahu dan pada usia saya yang ke-72 tahun ini, risiko itu bertambah besar. Namun saya sudah mengambil keputusan dan berkonsultasi dengan tim Dokter Indonesia, utamanya tim Dokter kepresidenan.”

Di samping itu, SBY menambahkan tim dokter Mayo Clinic juga berpendapat keputusan dirinya untuk menjalankan operasi sebagai pilihan tepat.

“Setelah melihat hasil patologi kanker yang ada dalam tubuh saya maka pilihan ini sudah tepat dan benar. Mereka juga memiliki optimisme pada saatnya apa yang saya alami ini bisa diatasi dan bisa kembali normal,” kata SBY.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU