> >

Bansos Bakal Kembali Cair, DPR Soroti Banyak yang Belum Tepat Sasaran: Data Penerima Belum Sempurna

Peristiwa | 4 November 2021, 05:30 WIB
Ilustrasi penerima bantuan sosial (Bansos). (Sumber: Kompas.tv/Ant)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil ketua komisi VIII DPR Aceh Hasan Syadzily menanggapi terkait keputusan pemerintah yang akan kembali menyalurkan sejumlah bantuan sosial (Bansos) pada November 2021. 

Aceh meminta agar DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) harus segera disempurnakan. 

Mengingat, dia menilai masih ditemukan banyak masalah dalam data tersebut yang mengakibatkan bansos menjadi tidak tepat sasaran. 

"Kami di Komisi VIII beberapa kali melakukan survei lapangan dari proses pendistribusian bansos, itu masih juga ditemukan misalnya data orang meninggal masih tercatat sebagai penerima bantuan sosial tunai," kata Aceh dalam acara Sapa Indonesia Malam di KOMPAS TV, Rabu (3/11/2021). 

Aceh kemudian menyebutnya dengan inclusion error dan exclusion error,  di mana seseorang yang semestinya mendapatkan bantuan, justru tidak sama sekali menerimanya, begitu juga sebaliknya. 

"Kami di komisi VIII pun sangat concern dengan data ini, karena bagaimanpun data merupakan kunci dari program bantuan perlindungan sosial ini," tegasnya. 

Dia kemudian meminta kepada Kepala Daerah untuk aktif dalam melakukan pemutakhiran data. Hal ini penting dilakukan agar bantuan sosial dapat disalurkan tepat sasaran.

"Mekanismenya dalam undang-undang tentang penanganan fakir miskin, verifikasi dan validasi data kemsikinan dilakukan pemerintah daerah (pemda)," ujarnya. 

Baca Juga: Cegah Data Bansos Tidak Valid, Pengamat: Seluruh Data Harus Didigitalisasi

Wakil ketua komisi VIII DPR Aceh Hasan Syadzily (Sumber: KOMPAS TV)

"Jika pemda sangat aktif dalam pemutakhiran data, maka otomatis pemutakhiran akan berlangsung cepat," lanjutnya. 

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU