> >

SBY Kena Kanker Prostat Stadium Awal, Dokter: Semua Opsi Terbuka untuk Pengobatan dan Penyembuhan

Berita utama | 2 November 2021, 12:13 WIB
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dikabarkan mengalami kanker prostat dan akan segera berobat ke luar negeri. (Sumber: Instagram/@sb.yudhoyono)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengalami kanker prostat stadium awal. Tim dokter yang menangani SBY menyimpulkan semua opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan

Keterangan itu disampaikan Ossy Dermawan, Staf Pribadi Presiden Ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/11/2021).

“Berdasarkan hasil pemeriksaan baik melalui metode MRI, biopsi, Positron Emission Tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) Scan dan pemeriksaan yang lain, kanker prostat yang diderita oleh Bapak SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal,” ungkap Ossy.

“Sesuai dengan kondisi kesehatan Bapak SBY saat ini, Tim Dokter menyimpulkan semua opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan Bapak SBY.”

SBY, kata Ossy, juga melakukan konsultasi yang mendalam dengan Tim Dokter Indonesia, termasuk para urolog senior.

Baca Juga: SBY Kena Kanker Prostat, Jokowi Kirim Tim Dokter Kepresidenan

“Diputuskan medical treatment dilakukan di sebuah rumah sakit di luar negeri yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat,” ujar Ossy.

Ossy menuturkan komunikasi yang dilakukan antara Tim Dokter Indonesia dan Tim Dokter negara sahabat tersebut berlangsung dengan baik dan pihak luar negeri sepakat dan bersedia untuk menangani Bapak SBY.

“Ketua Tim Dokter luar negeri dalam komunikasi langsung dengan Bapak SBY (via telemedicine), setelah mempelajari semua data kesehatan Bapak SBY, menyampaikan optimismenya untuk bisa mengatasi penyakit yang diderita Bapak SBY,” jelas Ossy.

Di samping itu, Ossy mengungkapkan SBY juga sudah memberikan kabar kesehatannya dan rencananya untuk berobat ke luar negeri kepada Bapak Presiden Jokowi.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU