> >

1.164 Layar Bioskop Mulai Dibuka, Sandiaga Harap Geliatkan Kembali Industri Film Tanah Air

Wisata | 3 Oktober 2021, 21:24 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno melakukan pemindaian kode batang sebelum memasuki bioskop, Minggu (3/10/2021) (Sumber: Ist/Kemenparekraf)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sebanyak 1.164 layar bioskop mulai dibuka dalam uji coba pembukaan bioskop di Tanah Air. Uji coba itu akan dilakukan berkelanjutan.

Penjelasan itu disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat meninjau salah satu bioskop yaitu XXI PGC, Cililitan, Jakarta Timur, Minggu (3/9/2021).

“Hari ini kita melihat sendiri bagaimana bioskop sudah mulai diujicobakan dengan protokol kesehatan serta aplikasi PeduliLindungi. Kita meyakini jika menerapkan protokol kesehatan tentunya bioskop ini semakin banyak yang dibuka. Untuk saat ini sudah ada 1.164 layar yang mulai dibuka dan uji coba ini akan kita lakukan secara bertahap, bertingkat, dan berkelanjutan,” katanya, seperti tertulis dalam keterangan resmi Kemenparekraf.

Sandiaga juga berharap agar uji coba pembukaan bioskop di sejumlah wilayah yang telah menerapkan PPKM Level 2 dan 3 dapat menggeliatkan kembali roda perekonomian pelaku industri film Tanah Air.

Baca Juga: Belum Ada Surat Izin, Satgas Tegur Bioskop Untuk Tutup

Menurutnya, selama ini perfilman menjadi subsektor yang cukup menjanjikan dalam memberikan kontribusi terhadap pendapatan negara.

Bahkan, kontribusi industri film terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional sebesar Rp15 triliun pada 2019.

Namun, pelaku industri ekonomi kreatif khususnya perfilman mengalami dampak yang signifikan akibat pandemi Covid-19.

“Mudah-mudahan uji coba pembukaan bioskop ini bisa membangkitkan kembali ekosistem bioskop dan film-film nasional,” lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga mencoba langsung dan mengamati alur protokol kesehatan yang telah diterapkan.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV


TERBARU