> >

Peneliti Temukan Kandungan Paracetamol di Teluk Jakarta, Dua Lokasi Ini Paling Tercemar

Kesehatan | 1 Oktober 2021, 18:15 WIB
Penelitian menemukan pencemaran paracetamol di Teluk Jakarta. (Sumber: Kompas TV/Ant)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Peneliti menemukan kandungan paracetamol yang tinggi di Teluk Jakarta. Angke dan Ancol menjadi daerah yang paling tercemar paracetamol.

Melansir Research Gate, para peneliti yang menemukan hal itu adalah Wulan Koagouw, Corina Ciocan, dan George Olivier dari University of Brighton serta Zainal Arifin dari LIPI.

Mereka awalnya melakukan pengujian sampel air yang berasal dari 4 titik di Teluk Jakarta dan satu lokasi di Pantai Utara Pulau Jawa.

Baca Juga: Ini Pertimbangan Pemerintah Ajukan Banding Terkait Vonis Bersalah Gugatan Polusi Udara Jakarta

Hasilnya, daerah Angke memiliki kandungan paracetamol sebanyak 610 nanogram per liter dan Ancol 420 nanogram per liter. Tim peneliti memperingatkan bahaya jangka panjang pencemaran itu.

Tim peneliti University of Brighton dan LIPI menyebut, pencemaran laut akibat paracetamol, terutama dapat berdampak pada budidaya kerang.

Pemprov DKI Jakarta pun menindaklanjuti temuan pencemaran itu dengan melakukan penelusuran sumber kandungan paracetamol itu.

“Kami akan dalami dan telusuri sumber pencemarannya,” kata Juru Bicara Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Yogi Ikhwan di Jakarta, Jumat (1/10/2021), dikutip dari Antara.

Menurut Yogi, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta sebenarnya rutin melakukan pemantauan kualitas air laut setiap enam bulan sekali.

Akan tetapi, paracetamol tidak termasuk dalam parameter pengujian baku mutu air laut sesuai lampiran VIII pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 22 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Penulis : Ahmad Zuhad Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV/Antara


TERBARU