> >

Kasal Yudo Margono Jamin TNI AL Tak Disusupi Paham Komunis, Sindir Gatot Nurmantyo?

Peristiwa | 1 Oktober 2021, 17:47 WIB
Kasal Laksamana TNI Yudo Margono. (Sumber: Kompas TV/Ant/Syaiful Hakim)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menjamin paham komunis tidak menyusup ke TNI AL.

"Saya bicara Angkatan Laut ya tidak ada lah sampai saat ini seperti itu. Saya jamin tidak ada Angkatan Laut yang disusupi PKI," kata Laksamana Yudo Margono di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (1/10/2021), dikutip dari Antara.

Yudo menyebut, TNI AL gencar melakukan pembinaan-pembinaan ideologi untuk mengantisipasi kemunculam paham-paham komunis.

Baca Juga: Wakil Ketua DPR: Isu PKI seperti Penyakit Tahunan, Gaduh setiap Jelang 30 September

"Tentunya kita tetap memagari dengan pembinaan yang terus menerus supaya isu-isu tentang itu bisa diantisipasi," ujar Yudo.

Mantan Pangkogabwilhan I ini menerangkan, TNI AL memiliki Dinas Pembinaan Mental dan Ideologi, yang setiap saat akan menyampaikan ceramah-ceramah tentang kehidupan berbangsa dan bernegara.

Bahkan, ia mengatakan, TNI AL juga sudah melakukan antisipasi sejak tahapan rekrutmen prajurit.

"Setiap prajurit sejak pertama masuk itu sudah dibekali dengan itu. Bahkan tesnya saja ada tes mental ideologi. Dari awal ini sudah disaring layak atau tidak untuk mereka jadi benteng negara ini," ucap Yudo.

"Kalau menjadi benteng negara ini mental ideologinya tidak kuat, ya akan justru putus di jalan pastinya ataupun dia tidak akan kuat untuk menjadi militer seperti ini," imbuhnya.

Meski begitu, Yudo menyebut bahwa TNI AL terus melakukan pembinaan-pembinaan pada para prajuritnya.

Penulis : Ahmad Zuhad Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV/Antara


TERBARU