> >

Penuhi Desakan Warga, Jokowi Minta Jembatan Sei Alalak di Kalsel Segera Dibuka

Sosial | 26 September 2021, 12:21 WIB
Rendering Jembatan Sei Alalak, Banjarmasin, Kalimantan (Sumber: Selatan.Dokumentasi Wijaya Karya)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera membuka Jembatan Sei Alalak di Kalimantan Selatan.

Pernyataan ini disampaikan untuk merespons desakan warga agar Jembatan Sei Alalak segera dibuka.

"Bapak Presiden meminta agar Jembatan Alalak ini segera dibuka. Kami saat ini sedang berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dalam keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Minggu (26/9/2021).

Jembatan Sei Alalak menghubungkan Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan dengan Kabupaten Barito Kuala menuju Kalimantan Tengah.

Kawasan tersebut kerap dilanda kemacetan setelah Jalan Lingkar Utara rusak parah karena diterjang banjir.

Baca juga: BEM SI akan Geruduk Jakarta Pekan Depan Jika Ultimatum Soal KPK Tidak Digubris Presiden Jokowi

Heru mengatakan bahwa pembukaan jembatan tersebut dapat dilakukan dengan uji coba operasional secara terbatas hingga pelaksanaan peresmian.

“Jenis kendaraan yang diizinkan hanya untuk roda dua dan mobil penumpang,” ujar Heru.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyatakan kesiapan pihaknya untuk melaksanakan arahan Presiden Jokowi.

“Kami telah melakukan pengecekan akhir kondisi jembatan tersebut dan siap dibuka sesuai arahan Presiden,” ucap Basuki sebagaimana dikutip keterangan resmi Biro Pers Sekretariat Presiden.

Penulis : Baitur Rohman Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU