> >

Pertama di Asia Tenggara, Ini Fasilitas Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Indonesia

Update | 23 September 2021, 15:16 WIB
Kawasan Karawang New Industry City (KNIC) di Kabupaten Karawang, Jawa Barat menjadi lokasi pabrik baterai kendaraan listrik pertama Indonesia. (Sumber: KNIC)

KARAWANG, KOMPAS.TV - Indonesia bakal menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang memiliki pabrik baterai kendaraan listrik atau electric vehicle (EV).

Lokasinya, tepat berada di kawasan Karawang New Industry City (KNIC), Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Pabrik baterai itu dibangun oleh PT HKML Battery Indonesia, yaitu perusahaan konsorsium LG Energy Solution, Hyundai Mobis, Hyundai Motor Company, dan KIA Corporation.

Mempunyai luas 319.000 meter persegi, pabrik tersebut ditargetkan dapat menghasilkan hingga 10 giga watt per hour (GWh) baterai pada tahap pertamanya.

Baca Juga: Jokowi: Indonesia Negara Pertama di Asia Tenggara yang Bangun Pabrik Baterai Kendaraan Listrik

Selain itu, terdapat sejumlah fasilitas pendukung yang disediakan KNIC guna mengoptimalkan produktivitas serta daya saing dari baterai yang dihasilkan.

Melansir Kompas.com, Kamis (23/9/2021), salah satu fasilitasnya yakni sistem pengelolaan limbah dan air bersih dengan total daya tampung mencapai 21.500 meter kubik per hari.

Ditambah, ada area seluas 12.000 meter persegi yang berfungsi sebagai tempat pengolahan air bersih, kolam retensi, dan sistem drainase tiap hari, serta untuk menampung curah hujan yang tinggi.

Dengan dukungan fasilitas tersebut, KNIC dipercaya dapat membantu pengembangan ekosistem industri baterai dan kendaraan listrik di Indonesia.

Sementara itu, kehadiran PT HKML Battery Indonesia juga akan memperkuat portofolio KNIC sebagai kawasan industri mobil listrik.

Penulis : Aryo Sumbogo Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas.com


TERBARU