> >

Lobi-Lobi Kemenag ke Arab Saudi, Berharap Jemaah Umrah Indonesia Bisa Diberangkatkan

Update | 23 September 2021, 11:18 WIB
Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Khoirizi bersama jajarannya bertemu Dubes Arab Saudi untuk Indonesia membahas penyelenggaraan umrah 1443 H (Sumber: Kemenag RI)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah masih terus berusaha melobi Arab Saudi agar membuka kembali perjalanan umrah jemaah asal Indonesia.

Seperti diketahui, Indonesia termasuk negara yang belum bisa mengirimkan jemaah umrahnya ke Tanah Suci. 

“Ada lima negara pengirim jemaah umrah terbanyak, yaitu Pakistan, Indonesia, India, Turki, dan Mesir, yang belum bisa mengirimkan jemaah umrahnya. Kami berharap jemaah umrah Indonesia diprioritaskan untuk bisa segera diberangkatkan,” kata Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Khoirizi melalui keterangan tertulisnya, Rabu (23/9/2021).

Baca Juga: Calon Jamaah Umrah Indonesia Diminta Segera Vaksin

Masih dalam rangka melobi pemerintah Arab Saudi, Khoirizi kembali bersilaturahim dengan Duta Besar Arab Saudi di Jakarta, Esham Altsaqafi.

Khoirizi berharap, jemaah umrah Indonesia bisa segera mendapat kesempatan untuk diberangkatkan.

Sebab, kata dia, penanganan Covid-19 di Indonesia terus membaik. Jemaah umrah Indonesia juga siap untuk mengikuti prokes yang ditetapkan Pemerintah Arab Saudi.

“Kami berharap pemerintah Arab Saudi segera mencabut suspen dan memberi kesempatan kepada jemaah umrah Indonesia untuk bisa berangkat ke Tanah Suci,” terang Khoirizi di Jakarta.

Baca Juga: Optimistis Umroh Dibuka Kembali, Kemenag Kunjungi Arab Saudi Bahas Pelaksanaannya

Pada kesempatan sama, Dubes Arab Saudi Esham Altsaqafi kembali menegaskan bahwa Saudi tidak pernah melarang umat Islam Indonesia untuk melaksanakan umrah.

Penulis : Hedi Basri Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV/Kemenag


TERBARU