> >

Wakil Ketua MPR: Musibah Lapas Tangerang Mesti Jadi Pelajaran Terkait Penanganan Napi Narkoba

Politik | 10 September 2021, 10:55 WIB
Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah (Sumber: KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah mengatakan, kebakaran Lapas Kelas I Tangerang, Banten, harus dijadikan pelajaran terkait penanganan narapidana kasus narkoba.

Menurut dia, peristiwa nahas itu hendaknya dijadikan cermin berharga oleh para praktisi dan penegak hukum bahwa narapidana pengguna narkoba sebaiknya direhabilitasi, bukan dipenjarakan.

"Tapi ini berlaku untuk para pengguna saja, bukan untuk pengedar apalagi bandar narkoba. Mereka kalau perlu dihukum seberat mungkin," jelas Basarah dalam keterangan tertulisnya, Kamis (9/9/2021).

Basarah mengatakan, dari informasi yang ia dapatkan, Lapas Tengerang telah melebihi kapasitas hingga 400 persen. Jumlah penghuninya 2.072 orang, padahal jumlah seharusnya maksimum 600 orang.

"Berdasarkan fakta-fakta sementara itu, wajar jika banyak korban tewas atau terluka. Berlebihan dan tidak elok jika kasus ini dijadikan komoditas politik praktis untuk mengganti jabatan Menkumham (Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia),’’ terang Basarah.

Baca Juga: Keluarga Korban Desak Kalapas Tangerang Tanggung Jawab Soal Insiden Kebakaran yang Tewaskan 44 Napi

Agar musibah yang sama tidak terjadi lagi, Basarah menegaskan, harus ada ikhtiar lebih serius lagi dari pemerintah, dalam hal ini Kementerian Keuangan, untuk mengalokasikan anggaran revitalisasi untuk semua lapas.

"Jika kebijakan ini tidak segera dilakukan, musibah yang sama sangat mungkin terjadi di banyak lapas di tanah air," kata dia.

Ketua DPP PDI Perjuangan itu menjelaskan, apa yang ia usulkan itu disebut restorative justice atau keadilan restoratif.

Menurut dia, keadilan restoratif merupakan alternatif penyelesaian perkara tindak pidana dalam mekanisme tata cara peradilan yang diubah menjadi proses dialog dan mediasi yang melibatkan pelaku, korban, keluarga pelaku atau keluarga korban, serta pihak lain yang terkait.

Penulis : Hedi Basri Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU