> >

Jokowi Ungkap 3 Strategi Besar Bisnis Negara, Salah Satunya Digitalisasi UMKM

Peristiwa | 26 Agustus 2021, 15:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV – Saat peresmian pembukaan sarasehan 100 ekonom Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan tiga strategi besar bisnis di Indonesia.

Adapun tiga hal tersebut difokuskan pada hilirisasi industri, digitalisasi UMKM dan ekonomi hijau.

Khususnya hilirisasi sudah dimulai dengan menghentikan ekspor bahan mentah nikel.

“Dan hasilnya mulai kelihatan. Saya kira ekspor kita, ekspor besi baja kita dalam setengah tahun ini saja sudah berada di angka kurang lebih USD10,5 miliar,” kata Presiden Jokowi.

Baca Juga: Jokowi: Terbukti Produktif di Tengah Pandemi, Pertanian Indonesia Kini Jadi Sektor Unggulan Ekspor

Selain itu, terkait digitalisasi UMKM, Jokowi mengungkapkan bahwa saat ini 15,5 juta UMKM yang sudah masuk ke platform-platform digital.

“Ini saya kira transformasi yang terus akan kita dorong karena kita memiliki kurang lebih 60an juta UMKM yang semuanya akan kita dorong agar masuk ke platform-platform digital. Baik yang berada di daerah, nasional maupun agar bisa juga masuk ke platform-platform global,” kata Jokowi.

Selanjutnya untuk ekonomi hijau, Jokowi menilai Indonesia memiliki kesempatan yang besar dalam membangun green industrial park.

“Produk keluarannya adalah produk hijau. Pemakaian energinya adalah energi hijau, energi baru terbarukan. Dan kita harapkan kita memiliki sebuah kekuatan besar ke depan yaitu produk hijau yang dihasilkan dari ekonomi hijau yang akan mulai kita bangun tahun ini,” pungkasnya.

Video Editor: Galih

Penulis : Yuilyana

Sumber : Kompas TV


TERBARU