> >

Demokrat Ingatkan Menko Luhut, Pernyataan Ambigu Soal Kondisi Pandemi Bisa Buat Rakyat Tersesat

Politik | 16 Juli 2021, 22:32 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Sumber: Instagram @luhut.pandjaitan)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Koordinator PPKM Darurat Luhut Binsar Panjaitan diminta tidak memberikan pernyataan ambigu yang membuat rakyat tersesat.

Kepala Departemen Luar Negeri dan Keamanan Nasional Partai Demokrat Didi Irawadi Syamsuddin menilai, sebagai panglima dalam memerangi Covid-19 di PPKM Darurat, seharusnya Menko Luhut tidak membuat pernyataan berubah-ubah yang membingungkan masyarakat.

Seperti pernyataan penambahan kasus melandai setelah tanggal 12 Juli 2021, mengklaim situasi terkendali. Namun belakangan ini Luhut menyatakan Covid-19 varian Delta sulit dikendalikan.

Baca Juga: Susi Sindir Luhut Lagi: Katanya Kemarin Terkendali

Menurut Didi pernyataan Menko Luhut yang ambigu terkait kondisi saat ini, bisa buat rakyat tersesat dalam menyikapi pandemi Covid-19.

“Tadinya masyarakat khawatir dan waspada mendengar pernyataan pemerintah bahwa kasus Covid-19 sudah terkendali jadi kurang waspada,” ujar Didi saat dihubungi, Jumat (16/7/2021).

Anggota DPR ini mengingatkan kondisi nyata di lapangan saat ini, masyarakat tidak mendapatkan pelayanan kesehatan memadai dalam situasi darurat. Hal ini berujung kasus kematian yang banyak terjadi saat isolasi mandiri.

Kematian di rumah sakit juga meningkat akibat pasien datang ke rumah sakit dengan kondisi kritis dan butuh penanganan segera.

Baca Juga: PKS Minta Luhut Jujur ke Presiden, Jangan Buat Laporan yang Isinya Asal Bapak Senang

Namun penanganan tidak bisa dilakukan secara maksmial karena jumlah ruang ICU tidak mencukupi, kekurangan pasokan oksigen, tenaga nakes terbatas.

Penulis : Johannes Mangihot Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU