> >

Jokowi Minta Pengawasan Ketat Penyaluran Paket Obat bagi Pasien Isolasi Mandiri

Kesehatan | 15 Juli 2021, 13:02 WIB
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan paket obat dan vitamin bagi masyarakat positif Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri diberikan secara gratis. 

Dengan kata lain, Kepala Negara menegaskan bahwa paket obat tersebut tidak untuk diperjualbelikan. 

"Paket obat isolasi mandiri ini tidak diperjualbelikan," tegas Jokowi dalam Peluncuran Paket Obat Isoman Gratis untuk Rakyat seperti yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (15/7/2021).

Sebab itu, Jokowi meminta agar penyaluran paket obat dan vitamin untuk pasien Covid-19 yang isolasi mandiri dapat diawasi dengan ketat. 

"Saya meminta agar dilakukan pengawasan yang ketat di lapangan agar program ini betul-betul bisa maksimal mengurangi risiko karena Covid-19 dan membantu pengobatan warga yang menderita Covid-19," kata Jokowi.

Tak hanya itu, Jokowi meminta agar program ini tidak mengganggu ketersediaan obat esensial terapi Covid-19 di apotek maupun di rumah sakit.

Baca Juga: Momen Jokowi Video Call Bareng Siswa-Siswi Penerima Vaksinasi Covid-19

Menurut penjelasannya pasokan paket obat untuk masyarakat yang melakukan isolasi mandiri ini akan disiapkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Sementara pendistribusiannya, Jokowi menyebut akan dikoordinasikan oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

"Pasokannya disiapkan oleh Menteri BUMN yang diproduksi oleh BUMN farmasi dan kemudian pendistribusiannya ini nanti akan dikoordinasikan oleh Panglima TNI, yang nanti juga akan berkoordinasi dengan pemda sampai pemerintah desa maupun melibatkan puskesmas, Babinsa, dan pengurus RT-RW," jelas dia. 

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU