> >

Kemenkes Perluas Telemedicine dan Obat Gratis Pasien Covid-19 Isoman hingga Bodetabek

Kesehatan | 15 Juli 2021, 07:59 WIB
Ilustrasi obat untuk pasien Covid-19. (Sumber: Freepik)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memperluas layanan konsultasi dan pengiriman obat gratis melalui layanan telemedicine untuk pasien Covid-19 yang tengah isolasi mandiri (Isoman).

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Widyawati mengungkapkan telemedicine dan obat gratis tersebut juga akan melayani di wilayah Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek).

"Diujicobakan di Jakarta pada 7 Juli lalu, layanan telemedicine ini hadir untuk mempermudah masyarakat terutama yang melakukan isolasi mandiri di rumah untuk konsultasi kesehatan secara virtual tanpa harus datang ke RS," kata Widyawati yang dikutip dari laman Kemenkes, Kamis (15/7/2021). 

Upaya ini, kata dia juga untuk mengurangi beban keterisian tempat tidur di rumah sakit, sehingga layanannya bisa digunakan untuk pasien bergejala sedang, berat dan kritis.

Menurut penjelasannya terdapat 11 platform telemedicine di Indonesia yang bekerjasama dengan Kemenkes.

Adapun platform yang dimaksud diantaranya Halodoc, YesDok, Alodokter, Klik Dokter, SehatQ, Good Doctor, Klinikgo, Link Sehat, Milvik, Prosehat dan Getwell.

Baca Juga: 300.000 Paket Obat Gratis akan Segera Dibagikan untuk Pasien Covid-19 Isolasi Mandiri 

Widyawati menekankan tidak semua jenis obat diberikan gratis, hanya ada 2 paket obat yang ditanggung Kemenkes.

Obat Paket A (Orang Tanpa Gejala) berupa multivitamin C, D, E, Zinc sebanyak 10 butir konsumsi satu kali sehari.

Serta Paket B (bergejala ringan) berupa multivitamin C, D, E, Zinc sebanyak 10 butir konsumsi satu kali sehari, Azithromisin 500mg sebanyak 5 butir konsumsi sehari sekali, Oseltamivir 75mg sebanyak 14 butir konsumsi dua kali sehari dan parasetamol tab 500 mg sebanyak 10 butir (apabila dibutuhkan).

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU