> >

Menkes Sebut Presiden Jokowi Setujui Impor Oksigen untuk Optimalkan Penanganan Covid-19

Berita utama | 12 Juli 2021, 15:32 WIB
Menkes Budi G Sadikin memberikan keterangan pers usai Rapat Terbatas, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (31/05/2021) sore (Sumber: Dok. Sekretariat Kabinet RI)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, Presiden Joko Widodo sudah mengizinkan untuk Indonesia membuka impor oksigen.

Hal tersebut disampaikan Mekes Budi Gunadi Sadikin sesuai Rapat Terbatas menyoal Penanganan Covid-19, Senin (12/7/2021).

“Mengenai oksigen, pemerintah akan memperbanyak suplai dengan cara kita akan membuka impor oksigen dari luar,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

“Sudah diizinkan oleh Bapak Presiden melalui kementerian perindustrian, itu bisa menambah 600-700 ton per hari,” tambahnya.

Nantinya, lanjut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, oksigen yang akan diimpor merupakan oksigen konsetrator.

Baca Juga: Luhut Binsar Pandjaitan Prediksi 4-5 Hari Angka Covid-19 Membaik

“Pemerintah akan mengimpor banyak oksigen konsentrator dimana sebenarnya ini adalah alat kecil, harganya antara 600-800 usd yang bisa dipasang di rumah sakit dan rumah-rumah untuk memproduksi oksigen dari udara,” ujarnya.

“Yang penting ada koneksi listriknya saja, dengan demikian dengan 3 strategi itu diharapkan suplai oksigen dapat segera diatasi,” tambahnya.

Di samping itu, lanjut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, untuk memenuhi kebutuhan oksigen pemerintah juga sudah mendapatkan bantuan dari perusahaan-perusahaan besar.

“Kita sudah dibantu juga oleh perusahaan-perusahaan besar, perusahaan industri yang memiliki kelebihan suplai atau excess capacity dari oksigennya sekitar 360-460 ton per hari yang juga dikoordinasikan dengan kementerian perindustrian,” jelasnya.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU