> >

Banyak Pelamar Bingung, BKN Jelaskan Detail Kualifikasi Pendidikan CPNS dan PPPK

Sosial | 9 Juli 2021, 10:46 WIB
Laman SSCASN tempat pendaftaran CPNS 2021. (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pendaftaran CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil)  dan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja)   resmi dibuka dibuka sejak 30 Juni 2021 kemarin. Hingga Rabu (07/07/2021), sudah ada 920.561 orang yang mengisi formulir pendaftaran.

Pendaftaran dapat dilakukan dengan membuka portal SSCASN melalui laman resmi sscasn.bkn.go.id. Sejumlah persyaratan dan ketentuan yang perlu dipenuhi tercantum dalam laman tersebut.

Meski demikian masih banyak para pelamar CPNS dan PPPK yang masih bingung dengan persyaratan khususnya kualifikasi pendidikan.

Baca Juga: Terbaru, Ini 10 Instansi dengan Peminat Paling Banyak di Seleksi CPNS 2021

Banyak pelamar menanyakan status yang disandang dengan kebutuhan program studi yang dibuka dalam formasi CPNS atau PPPK.

Seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (08/07/2021) akun Instagram @haazhaa menanyakan kesesuaian persyaratan dengan gelar yang diraihnya.

"Mau nanya dong bagi yang tahu atau yang senasib sama saya, saya lulusan S1 Manajemen, gelar S.E. bisa enggak yah lamar ke S1 Manajemen Ekonomi. Thanks in advance," tulisnya dalam akun Instagram, Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Pertanyaan serupa ditanyakan pelamar PPPK Guru oleh akun @amier_ba.

Baca Juga: BKN Rilis Daftar 10 Instansi yang Masih Sepi Peminat di CPNS 2021

"Assalamualaikum bapak/ibu, mohon petunjuknya. Saat ini saya ingin mendaftar PPPK Pengamat Organisme Pengganggu Tumbuhan, yang mana dalam pengumuman kualifikasi pendidikan tertera S1 Hama Penyakit Tanaman, sedangkan saya adalah lulusan S1 Pertanian Jurusan Agroekoteknologi. Saat ini, saya sudah bekerja menjadi Pengamat Organisme Pengganggu Tumbuhan selama lima tahun berjalan. Yang saya tanyakan apakah saya yang lulusan S1 Pertanian bisa mendaftar di PPPK yang kualifikasi pendidikannya tertera S1 Hama Penyakit Tanaman?" katanya.

Penulis : Danang Suryo Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU