> >

Wapres Sambut Baik Pemberian Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil

Kesehatan | 29 Juni 2021, 13:24 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin Sumber: Dok. KIP/Setwapres)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyambut baik pemberian vaksinasi Covid-19 bagi para ibu hamil. 

Diketahui, Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) telah memberikan rekomendasi pemberian vaksin kepada ibu hamil yang rentan terpapar Covid-19. 

Ma'ruf Amin manuturkan ibu hamil boleh menerima vaksinasi Covid-19 dengan pengawalan dokter sebelum dan sesudah menerima suntikan.

"Menteri Kesehatan juga menegaskan, vaksinasi Covid-19 dapat diberikan kepada ibu hamil dengan pengawalan oleh dokter baik sebelum maupun sesudah menerima vaksin," kata Ma'ruf Amin dalam acara Hari Keluarga Nasional ke-28 secara virtual, Selasa (29/6/2021).

Baca Juga: Ibu Hamil Kini Bisa Ikut Vaksin Covid-19, Ini 3 Kondisi yang Diutamakan

 

Wapres RI ini juga menyebut POGI telah memberikan rekomendasi vaksinasi bagi ibu hamil beresiko tinggi. 

"Terutama ibu hamil berisiko tinggi yakni usia di atas 35 tahun, memiliki  memiliki BMI di atas 40, dengan komorbid diabetes dan hipertensi, serta tenaga kesehatan yang sedang hamil, meskipun masih menunggu rekomendasi BPOM," jelasnya.  

Hal ini dilakukan untuk mencegah gejala berat pada ibu hamil yang terinfeksi Covid-19.

Sementara bagi ibu hamil dengan resiko rendah dapat melakukan vaksinasi Covid-19 setelah berkonsultasi dengan dokter masing-masing dan bersedia atas pilihannya sendiri.

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU