> >

Mengingatkan Lagi, Berikut Gejala yang Muncul saat Terinfeksi Covid-19

Update corona | 28 Juni 2021, 07:42 WIB
Ilustrasi pasien Covid-19 (Sumber: Shutterstock/Kobkit Chamchod)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setiap individu yang terinfeksi Covid-19 memiliki respon tubuh yang berbeda-beda. Ada yang tanpa gejala, gejala ringan, sedang, bahkan berat-kritis.

Melansir dari unggahan akun Twitter resmi Kementerian Kesehatan @KemenkesRI, Sabtu (27/6/2021), berikut gejala yang umum pada pasien Covid-19.

Pertama, pasien tanpa gejala. Kelompok ini memiliki gejala frekuensi napas 11-20 kali per menit, saturasilebih kurang 95 persen

Kedua, pasien ringan. Pada pasien punya gejala demam, batuk (umunya batuk kering ringan), fatigue atau kelelahan ringan, anoreksia, sakit kepala, kehilangan indra penciuman/anosmia, kehilangan indra pengecapan malgian dan nyeri tulang.

Termasuk juga dalam gejala sedang ini adalah, nyeri tenggorokan, pilek dan bersin, mual, muntah, nyeri perut, diare, konjungtivitas, kemerahan pada kulit atau perubahan warna pada jari-jari kaki.

Adapun frekuensi napas, berada pada angka 12-20 kali per menit, dengan saturasi 95 persen.

Baca Juga: Kenalkan Abdala, Vaksin Covid-19 Asli Kuba yang Diklaim Efektif, Pesaing Pfizer dan Moderna

Gejala ketiga, adalah pasien dengan kondisi sedang.

Pasien sedang tersebut mengalami gejala demam, batuk (umunya batuk kering ringan), kelelahan ringan, anaroksia, sakit kepala, kehilangan indra penciuman, kehilangan indra pengecapan, malgia dan nyeri tulang.

Mereka pada gejala Covid-19 sedang ini juga sering merasakan nyeri tenggorokan, pilek dan bersin, mual, muntah, nyeri perut, diare, konjungtivitas, kemerahan pada kulit atau perubahan pada jari-jari kaki.

Penulis : Hedi Basri Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU