> >

Proses Seleksi Sedang Berlangsung, Kemenhan Sebut Pendaftar Komcad di Pulau Jawa Capai 10.000 Orang

Peristiwa | 11 Juni 2021, 13:28 WIB

 

 

Para pendaftar Komcad sedang menerima pembekalan dan melengkapi persyaratan menjelang tes di Makorem Mojokerto, Senin (31/5/2021) (Sumber: Foto istimewa Kodim 0812/Lamongan via Surya.co.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Pertahanan (Kemenhan) sebut pendaftar Komponen Cadangan (Komcad) di Pulau Jawa hampir mencapai 10 ribu orang.

Jumlah tersebut empat kali lipat lebih banyak dari jumlah yang akan diterima, yaitu sebanyak 2.500 orang untuk tahap pertama.

"Sampai ditutup pendaftaran Komponen Cadangan di Pulau Jawa, pada tanggal 7 Juni yang lalu, jumlah pendaftar sangat antusias, sampai ditutup jumlah pendaftar baik online maupun offline mendekati 10 ribu orang," kata Juru Bicara Menteri Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak dalam keterangan tertulis, Jumat (11/6/2021).

Menurut Dahnil, jumlah tersebut menunjukkan antusiasme dan semangat anak bangsa untuk berkontribusi terhadap pertahanan negara.

Kini ribuan peserta yang terdaftar sedang berproses di tahap seleksi kompetensi. Berdasarkan jadwal yang ada, seleksi akan digelar di sejumlah Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) di Pulau Jawa pada 7-17 Juni.

Baca Juga: Firli Bahuri Pastikan 24 Pegawai KPK Diikutkan Pendidikan Bela Negara

Dahnil menyampaikan para pendaftar akan lanjut ke tahap seleksi kompetensi. Seleksi akan digelar di sejumlah Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) di Pulau Jawa pada 7 hingga 17 Juni mendatang.

Nantinya, peserta yang lulus akan mengikuti pelatihan dasar militer selama tiga bulan.

Penulis : Nurul Fitriana Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU