> >

Pemprov DKI Jakarta Dapat Nilai E untuk Pengendalian dan Kapasitas Respons Pandemi Covid-19

Sosial | 27 Mei 2021, 20:26 WIB
Peta penilaian pengendalian pandemi Covid-19 dari Kemenkes, DKI Jakarta mendapat skor E dalam pengendalian pandemi Covid-19. (Sumber: YouTube DPR RI)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pemprov DKI Jakarta mendapat penilaian E dalam pengendalian pandemi Covid-19 pada minggu epidemologi ke-20 atau pada 16-22 Mei 2021.

Penilaian itu dipaparkan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono saat rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI di gedung DPR, Jakarta, Kamis (27/5/2021).

Dante menjelaskan penilaian pengendalian pandemi mulai dari yang paling baik dengan huruf A hingga paling buruk yakni E.

Baca Juga: Dinkes DKI Jakarta Buka Lowongan Kerja untuk Menjadi Tenaga Profesional Kesehatan

Hasil matriks penilaian tersebut tidak ada daerah yang mendapat skor A atau B. Kebanyakan daerah mendapat skor C hingga E.

“Yang masuk kategori E seperti Jakarta, tetapi ada juga yang masih di C artinya tidak terlalu bed occupation rate dan pengendalian provinsinya masih baik," ujar Dante.

Selain kualitas pengendalian pandemi DKI Jakarta juga mendapat penilaian E terkait penilaian kualitas penguatan kapasitas respons pada minggu epidemologi ke-20 atau pada 16-22 Mei 2021.

Menurut Dante penilaian E ini karena tingkat ketersediaan tempat tidur di Jakarta sudah mulai meningkat dan proses penelusuran juga tidak terlalu baik.

Baca Juga: Kemenkes Siapkan Tempat Tidur dan Oksigen, Antisipasi Puncak Kasus Covid-19 Usai Libur Lebaran

“Masih banyak daerah yang masih dalam kondisi terkendali kecuali DKI Jakarta DKI Jakarta ini kapasitasnya E, karena di DKI Jakarta bed occupation rate (keterisian)-nya sudah mulai meningkat dan kasus tracing-nya juga tidak terlalu baik," ujar Dante.

Penulis : Johannes Mangihot Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU