> >

Hari Ini, Patung Bung Karno di Lemhanas Diresmikan oleh Megawati Soekarnoputri

Peristiwa | 20 Mei 2021, 15:12 WIB
Patung Bung Karno di depan kantor Lemhanas diresmikan Kamis (20/5/2021) oleh Megawati Soekarnoputri. (Sumber: Tangkapan Layar You Tube PDI Perjuangan)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Peresmian patung presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno atau Bung Karno, yang berdiri di halaman kantor Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) dilaksanakan hari ini, Kamis (20/5/2021). 

Patung Bung Karno diresmikan oleh presiden ke-5 RI yakni Megawati Soekarnoputri. 

Dalam sambutannya, Gubernur Lemhanas, Letjen TNI (purn) Agus Widjojo, mengatakan peresmian monumen Bung Karno ini bertepatan dengan hari lahir Lemhanas, yaitu pada tanggal 20 Mei. 

"Monumen Bung Karno melambangkan kebiasaan Bung Karno membaca buku yang memberikan pengetahuan dan wawasan bagi pembuatan keputusan dan kebijakan dalam berbagai rumusan gagasan beliau," kata Agus pada sambutannya. 

Agus Widjojo mengatakan Bung Karno mendirikan Lemhanas di tengah polarisasi dunia yang berdampak pada kehidupan nasional yang tidak stabil. 

Lemhanas dibentuk untuk membentuk dan mengembangkan tenaga pembina baik sipil maupun militer pada tingkat politik strategi pertahanan. 

"Bagi Bung karno, berdirinya Lemhanas RI merupakan wujud dari konsepsinya untuk mencapai Indonesia yang sepenuhnya berdaulat dan mampu meletakkan dasar-dasar pertahanan dan keamanan yang sesuai dengan geopolitik dan kultur Indonesia," kata Agus. 

Baca Juga: Megawati Ucapkan Dukacita Atas Gugurnya Awak KRI Nanggala-402, akan Gelar Upacara Tabur Bunga

Soekarno menekankan kegiatan pertahanan nasional harus menyertakan unsur-unsur rakyat Indonesia. 

Agus memaparkan arti kata nasional dalam Lemhanas yakni pertahanan bagi seluruh Tanah Air dan seluruh bangsa.  

Penulis : Hasya Nindita Editor : Eddward-S-Kennedy

Sumber : Kompas TV


TERBARU