> >

Gempa M 7,2 Guncang Nias Barat, Tidak Berpotensi Tsunami

Breaking news | 14 Mei 2021, 15:03 WIB
Gempa bumi terkini di Sukabumi, Jawa Barat pada 27 April 2021. (Sumber: BMKG)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gempa berkekuatan M 7,2 mengguncang wilayah Nias Barat, Sumatera Utara, Jumat (14/5/2021) siang pukul 13.33 WIB.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), informasi awal gempa bumi ini berkekuatan M 7,2 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M 6,7. 

Hasil pemodelan BMKG menunjukkan gempa ini tidak berpotensi tsunami. BMKG juga melaporkan kejadian ini melalui akun Twitternya @infoBMKG. 

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,2 LU dan 96,69 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 125 km arah Barat Daya Kota Lahomi, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara pada kedalaman 10 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal yang berada di zona outer-rise," kata BMKG dalam keterangan resminya.

Hal ini sesuai dengan hasil analisis BMKG yang menunjukan bahwa gempabumi tersebut memiliki mekanisme sesar turun (normal fault).

Baca Juga: BMKG Keluarkan Peringatan untuk 16 Provinsi, dari Hujan Lebat Hingga Akibatkan Banjir

Selain itu, hingga Jumat (14/5/2021) pukul 14.30 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan sebanyak 3 Kali (aftershock).

Getaran gempa dilaporkan terasa di beberapa wilayah karena kekuatannya yang cukup besar. 

Masyarakat yang bermukim di Gunung Sitoli, Kabupaten Nias merasakan gempa dengan skala intensitas III-IV MMI.

Wilayah Banda Aceh juga dilaporkan merasakan getaran pada skala intensitas III MMI. Getaran dirasakan dari dalam rumah dan terasa seakan-akan ada truk besar yang tengah melintas. 

Penulis : Hasya Nindita Editor : Eddward-S-Kennedy

Sumber : Kompas TV


TERBARU