> >

Isu Mendikbud Nadiem Kena Reshuffle, Jubir Istana: Hanya Presiden Jokowi dan Allah SWT yang Tahu

Kompas petang | 17 April 2021, 17:39 WIB
Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman (Sumber: kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Melalui siaran langsung di instagram pribadinya, Juru bicara Presiden Joko Widodo (Jokowi), Fadjroel Rachman, ditanya seorang warganet soal isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju.

Fadjroel berdalih, dia menyatakan dirinya sebagai staf khusus Presiden Bidang Komunikasi, dan sebagai staf khusus, tentu tidak boleh mendahului Presiden Joko Widodo untuk menyampaikan siapa dan kapan akan ada perombakan kabinet Indonesia Maju.

Akan tetapi, kata Fadjroel, kita tahu Presiden sudah disetujui oleh DPR untuk melakukan pembentukan kementerian baru, namanya Kementerian Investasi.

Baca Juga: Istana Jawab Isu Reshuffle Menteri Jokowi, Nadiem Kena Reshuffle?

Selain itu, tambah Fadjroel, DPR juga menyetujui pemerintah untuk melakukan pengubahan kementerian, dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan ditambah Riset dan Teknologi. Sementara Kemenristek dan BRIN dihilangkan, dan Badan Riset Inovasi Nasional akan jadi badan sendiri.

Fadjroel mengaku tidak tahu siapa sosok yang akan ditunjuk Jokowi memimpin Kementerian Investasi. Kemudian Fadjroel juga bicara terkait isu Mendikbud Nadiem Makarim.

"Kita tidak tahu kapan Presiden akan mengisi kedua kementerian ini, yang satu pembentukan baru Kementerian Investasi, yang kedua istilahnya pengubahan apakah tetap Pak Nadiem atau ada yang lain, yang tahu hanya Presiden Joko Widodo dan Allah SWT," jelas Fadjroel dalam video seperti dilihat, Sabtu (17/4/2021).

Awalnya Fadjroel megatakan siapa pun menteri yang dipilih Jokowi pada periode pertama dan menjabat hingga saat ini adalah putra-putri terbaik Indonesia.

Baca Juga: PKB Bocorkan Ada Menteri Berinisial M akan di Reshuffle

Diketahui, isu Jokowi akan me-reshuffle menteri sudah terdengar beberapa hari belakangan.

Penulis : Hedi Basri Editor : Eddward-S-Kennedy

Sumber : Kompas TV


TERBARU