> >

Temui Presiden Jokowi, Para Ahli Keinsinyuran Kasih Masukan Soal Pembangunan Ibu Kota Negara Baru

Peristiwa | 15 April 2021, 21:55 WIB
Desain pusat ibu kota baru sebagaimana dirancang Kementerian PUPR. (Sumber: dok. BBC Indonesia/Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Para ikatan ahli profesi bidang keinsinyuran menemui Presiden Joko Widodo untuk memberikan masukan terkait pembangunan Ibu Kota baru di Kalimantan Timur.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menjelaskan, satu persatu para ahli disiplin ilmu berbeda mulai dari bidang arsitektur, perencanaan, regional planning dan lingkungan hidup telah memberikan masukan terhadap presiden.

Menurut Suharso, dalam kesempatan tersebut presiden menyatakan sangat terbuka terhadap semua gagasan, usulan yang disampaikan secara konstruktif untuk pembangunan ibu kota yang akan datang.

Baca Juga: Bahas Ibu Kota Negara Baru, Jokowi Undang Ahli Arsitektur dan Para Insinyur Pembangunan

Bahkan para ahli yang telah memberikan pemaparan bakal diundang untuk masuk dalam badan otorita Ibu Kota baru jika nanti sudah terbentuk.

“Setidaknya para ahli ini nanti bisa memberikan rekomendasi tentang segala hal terikait dengan pelaksanaan dan pembangunan ibu kota negara,” ujar Suharso saat jumpa pers di Istana Negara, Kamis (15/4/2021).

Di kesempatan yang sama Ketua Ikatan Ahli Perencanaan Wilayah dan Kota Hendricus Andy Simarmata menjelaskan pihaknya memberikan sejumlah masukan dalam pembangunan Ibu Kota baru.

Seperti adanya ketersambungan antara rencana yang bersifat makro sampai ke level mikro atau bangunan.

Baca Juga: Kepala Bappenas Berharap Peletakan Batu Pertama Ibu Kota Baru Bisa Dilaksanakan Ramadan Ini

Menurut Andy hal ini penting agar visi yang sudah disampaikan presiden terkit konsep Ibu Kota baru betul-betul dapat diterjemahkan ke dalam proses konstruksi yang memenuhi standar pembangunan.

Penulis : Johannes Mangihot Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU