> >

Saran Satgas untuk Vaksinasi Covid-19 di Bulan Puasa: Lakukan Pagi Hari dan Berdoa Khusyuk

Update corona | 13 April 2021, 13:04 WIB
Tim komunikasi publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Dokter Reisa Broto Asmoro saat konferensi pers terkait Covid-19. (Sumber: Dokumentasi BNPB)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Reisa Brotoasmoro menyarankan vaksinasi selama Bulan Ramadan dilakukan pada pagi hari.

Menurut Reisa, waktu terbaik menerima vaksin adalah saat kondisi badan kita masih segar.

"Maka vaksinasi di pagi hari sangat disarankan," kata Reisa dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (12/4/2021).

Agar mendapat jadwal vaksinasi di pagi hari, Reisa mengingatkan masyarakat untuk mendaftar secara daring di sentra vaksinasi dan fasilitas kesehatan.

Baca Juga: Kemenkes Ajak Masyarakat Bantu Percepat Vaksinasi bagi Lansia sebagai Bakti ke Orang Tua

Untuk kesiapan diri dalam melakukan vaksinasi, Reisa menyarankan masyarakat yang hendak divaksin di bulan Ramadan untuk berdoa secara khusyuk.

Sebab dengan doa, kata Reisa, masyarakat tetap tenang dan percaya diri saat divaksinasi, dan terhindar dari immunization stress related response (ISRR).

"Meminta keyakinan lebih dari Allah SWT agar langkah kita ikut vaksinasi diberikan berkah dan kaidah bagi sesama umat manusia di seluruh dunia," katanya.

Kedua, ia menjelaskan bahwa  masyarakat harus memperhatikan kondisi tubuh saat hendak divaksin.

Reisa menganjurkan masyarakat agar berolahraga ringan atau tadarus setelah sahur dan shalat subuh.

Penulis : Hedi Basri Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU