> >

Menkes: Walaupun Sudah Divaksinasi Tolong Tetap Pakai Masker dan Jaga Jarak

Berita utama | 26 Maret 2021, 19:04 WIB
Menkes Budi Gunadi saat divaksin Covid-19 pada Rabu (27/1/2021). Menkes Budi berpesan pemerintah dan masyarakat harus bekerja keras setelah kasus Covid-19 tembus satu juta kasus. (Sumber: Youtube Sekretariat Presiden)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengimbau, siapa pun yang sudah melakukan vaksinasi Covid-19 agar tetap tertib menggunakan masker dan jaga jarak.

Sebab, vaksinasi Covid-19 tidak membuat tubuh kebal terhadap penularan virus corona.

“Pesan saya, walaupun sudah divaksinasi tolong tetap memakai masker dan menjaga jarak,” ujar Menkes Budi Gunadi Sadikin, Jumat (26/3/2021).

“Karena kita tetap bisa terkena (Covid-19 red),” kata Menkes, melanjutkan.

Baca Juga: Menkes Imbau Lansia di Atas 60 Tahun Mau Divaksin untuk Cegah Perburukan

Namun demikian, orang yang sudah divaksinasi Covid-19 tidak akan mengalami situasi yang parah saat terpapar lagi.

Atas dasar itu, Menkes Budi menyarankan, penderita Covid-19 yang sebelumnya sudah divaksinasi tidak perlu menjalani perawatan di rumah sakit.

“Masih bisa terkena, cuma karena antibodi kita sudah baik, kita akan segera cepat sembuh. Tidak perlu ke rumah sakit,” jelas Budi.

Tak hanya itu, Menkes Budi juga mengimbau kepada masyarakat Indonesia untuk tetap mematuhi protokol kesehatan lainnya seperti halnya rajin mencuci tangan.

Dengan penerapan protokol yang ketat dan menjalankan vaksinasi, kata Budi, masyarakat tidak perlu mengkhawatirkan adanya strain baru.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU