> >

Cerita Asep, Polisi yang Hilang karena Tsunami Aceh 2004 Ditemukan di RSJ

Peristiwa | 18 Maret 2021, 15:46 WIB
Tangkapan layar akun Instagram yang menampilkan video saat seorang polisi yang bernama Zainal Abidin alias Asep (kiri) berada di Rumah Sakit Jiwa di Banda Aceh. Asep dikabarkan adalah seorang polisi yang hilang karena tsunami Aceh 2004 lalu. (Sumber: Akun Instagram @ini_polisi)

BANDA ACEH, KOMPAS.TV-  Seorang pria yang disebut bernama Asep jadi viral. Dia adalah seorang polisi yang dikabarkan hilang saat peristiwa tsunami melanda Aceh pada 2004 silam.

Sudah mendapat gelar Abrip Anumerta, ternyata Asep diketahui masih hidup namun saat ini mengalami gangguan kejiwaan.

Adalah sebuah video memperlihatkan seorang pria yang diduga polisi yang dinyatakan hilang pasca-tsunami 2004 silam di Aceh viral di media sosial.

Baca Juga: Polisi Ini Hilang Saat Tsunami Aceh, Ternyata Ditemukan di RSJ, Polda: Kami Lakukan Tes DNA

Diunggah akun Instagram @ini_polisi, pria itu diketahui Bharaka Asep dari Resimen II Pelopor Angkatan 351 99/00. Asep merupakan pasukan Bantuan Keamanan Operasional (BKO) Brimob Resimen II Kedung Halang Bogor ke Polda Aceh.

Saat itu, ia bertugas di Poskotis Brimob Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar.

Pada saat terjadi musibah tsunami mengguncang Aceh tahun 2004, Asep sedang melaksanakan tugas di posko pengamanan. Kini Asep ditemukan sebagai salah satu pasien Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Zainal Abidin.

Dalam video yang berdurasi 00.12 detik, tampak terlihat seorang pria berbaju putih yang mengaku seangkatan dengan Asep begitu bergembira.

"Alhamdulillah Asep Letting kita telah ditemukan," kata pria dalam video tersebut.

Baca Juga: Hari Ini Tsunami Aceh Pernah Terjadi 2004 Silam, Ini Fakta Dahsyatnya Bencana

Penulis : Gading Persada Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU