> >

Kapolri Sebut PPKM Mikro Terbukti Mampu Menekan Laju Penularan Covid-19

Peristiwa | 15 Februari 2021, 19:50 WIB
Panglima TNI Hadi Tjahjanto tampak menyimak penjelasan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat keduanya memantau pelaksanaan protokol kesehatan di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Minggu (31/1/2021). (Sumber: Dok Divisi Humas Polri )

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro yang diterapkan terbukti mampu menekan laju penularan Covid-19. Berdasarkan hasil evaluasi sementara, Listyo menuturkan angka penularan Covid-19 turun dari angka 13.000 menjadi 8.000.

“Dari hasil evaluasi sementara PPKM Mikro yang ada, dari jumlah 13.000 atau 12.000, saat ini sudah turun menjadi angka 9.000 bahkan 8.000, mudah-mudahan program ini bisa terus kita laksanakan,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo seusai menggelar Rapat Pimpinan bersama TNI, Senin (15/2/2021).

Baca Juga: Kapolri Jenderal Listyo Sigit: Dukungan Ulama Penting untuk Jaga Kamtibnas

Jenderal Sigit mengatakan, untuk program PPKM Mikro, Polri menjadikan bhabinkamtibmas dan Babinsa sebagai ujung tombak terdepan. Dengan harapan, betul-betul bisa menjadi pelopor kerja sama dengan linmas, Ketua RT, Ketua RW, dan Lurah untuk melakukan penegakan aturan terkait dengan 3T.

“Sehingga dengan langkah-langkah tersebut penyebaran laju pertumbuhan Covid-19 betul-betul bisa ditekan,” ujarnya.

Baca Juga: Kapolri Sambangi KPK, Listyo Sigit: Kami Sepakat Lakukan Sinergi "Join Investigasi"

Sebelumnya, Listyo menuturkan kegiatan rapim TNI-Polri dimulai dengan pengarahan dari Presiden Jokowi terkait sinergitas dan solidaritas TNI-Polri dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

“Jadi bagaimana agar Sinergi TNI dan Polri terus dilakukan dalam upaya penanggulangan Covid-19. Seperti yang tadi disampaikannya, yaitu dengan melakukan peningkatan kedisiplinan terkait dengan masalah peraturan protokol kesehatan,” katanya.

Baca Juga: PPKM Mikro Berlaku Hari Ini, Panglima TNI Kerahkan Puluhan Ribu Babinsa Jadi Penegak Disiplin Prokes

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan untuk mendukungan penanganan Covid-19, TNI-Polri sudah menyiapkan ribuan tenaga vaksinator. Hadi menuturkan, rencananya tenaga vaksinator TNI-Polri akan melaksanakan vaksinasi di akhir bulan Februari tahun 2021.

Penulis : Ninuk-Cucu-Suwanti

Sumber : Kompas TV


TERBARU