> >

Istana dan Kemenko Perekonomian Beda Sikap Soal Airlangga Hartarto Terpapar Covid-19

Peristiwa | 19 Januari 2021, 16:36 WIB
Tangkapan layar Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat melakukan donor plasma konvalesen di Markas PMI, Jakarta, Senin (18/1/2021) (Sumber: istimewa via Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV-  Kegiatan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang melakukan donor plasma konvalesen pada Senin (18/1/2021) berbuntut panjang.

Airlangga ternyata diduga pernah terpapar Covid-19 lantaran mereka yang menjadi donor plasma konvalesen adalah penyintas Covid-19. Namun, Airlangga Hartarto sebagai menteri sebelumnya tidak pernah memberitahukan ke publik bahwa dirinya pernah terpapar virus Corona.

Hal ini pun menjadi polemik. Bahkan dikalangan internal pemerintah sendiri.

Baca Juga: Ups, Menteri Airlangga Hartarto Pernah Terpapar Covid-19? Ini Kata Epidemiolog Indonesia

Polemik muncul lantaran Pihak Istana Kepresidenan mengaku tak tahu jika Airlangga sempat terpapar Covid-19.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan, belum pernah ada pemberitahuan resmi terkait hal itu. Heru menjelaskan Kemenko Perekonomian yang semestinya menjawab kabar Airlangga positif Covid-19 dan menyampaikan kepada publik.

“Kami tidak tahu juga kalau positif. Kalau saya dan jajaran Setpres tidak tahu, tidak ada pemberitahuan resmi,” kata Heru saat dihubungi wartawan, Selasa (19/1/2021). 
Heru mengatakan, hal ini semestinya dijawab langsung oleh pihak Kemenko Bidang Perekonomian. Airlangga atau Juru Bicara Kemenko Bidang Perekonomian lah yang seharusnya menyampaikan ke publik.

Baca Juga: Update Corona 19 Januari: Bertambah 10.365 Kasus Baru Positif Covid-19

“Harus yang bersangkutan yang menyampaikannya sendiri bahwa seseorang yang terpapar kena Covid harus dari yang bersangkutan. Harus dari Kemenko jubirnya yang harus sampaikan ke publik,” tutur dia.

Heru menyebut, Istana Kepresidenan tak punya kewajiban untuk mengumumkan menteri yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Penulis : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU