> >

Satgas Penanganan Covid-19 Jakarta Tetap Berjalan Meski Gubernur dan Wagub DKI Positif Corona

Update corona | 2 Desember 2020, 06:09 WIB
Juru bicara Satgas COVID-19, Prof Wiku Adisasmito (Sumber: KompasTV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Satgas Penanganan Covid-19 memastikan kebijakan pencegahan Covid-19 di ibukota Jakarta tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Walaupun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dinyatakan positif Covid-19.

Baca Juga: Satgas Covid-19 Akan Jemput Rizieq Shihab

Hal itu sebagaimana ditegaskan juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito melalui siaran langsung Kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (1/12/2020).

Wiku menegaskan, penanganan Covid-19 di ibukora akan tetap berjalan dan fokus pada implementasi strategi 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan) dan 3T (testing, tracing dan treatment).

"Satgas berharap diagnosa positif Covid-19 pada pimpinan daerah dapat menyadarkan masyarakat bahwa Covid-19 berpotensi untuk menular kepada siapapun, siapa saja, tanpa memandang status maupun latar belakang bahkan apapun pekerjaannya," ujar Wiku, saat menjawab pertanyaan awak media di Graha BNPB, Jakarta, Selasa.

Satgas Penanganan Covid-19 menggalakkan upaya testing dan tracing di DKI Jakarta mengingat angka kasus positif terus naik dalam seminggu terakhir. 

Maka testing dan tracing sangat dibutuhkan untuk memutus rantai penularan. 

Sejatinya, yang paling penting, masyarakat harus mampu menghindari terjadinya kontak dan penularan baik di lingkungan keluarga, lingkungan kerja atau dimana pun berada.

"Kami mengingatkan masyarakat agar tertib protokol kesehatan dan tidak berpergian ke tempat-tempat yang terdapat kerumunan," tutur Wiku. 

Penulis : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU