> >

Kondisi Imam Besar FPI Rizieq Shihab Usai Pulang dari Rumah Sakit UMMI

Peristiwa | 29 November 2020, 20:44 WIB
Rizieq Shihab (Sumber: kompas.com)

BOGOR, KOMPAS TV - Imam Besar Front Pembela Islam Muhammad Rizieq Shihab memutuskan menyudahi perawatannya di Rumah Sakit UMMI, Kota Bogor, Jawa Barat.

Ia pun memilih kembali pulang ke rumahnya di Petamburan, Jakarta Pusat. Menurut pihak rumah sakit, kepulangan Rizieq Shihab atas permintaan keluarganya.

Meski demikian, pihak rumah sakit dan Satuan Tugas Covid-19 Kota Bogor sampai saat ini masih belum mendapatkan laporan hasil tes usap atau swab test tenggorokan pimpinan FPI itu. 

Baca Juga: Tim Dokter Kecam Wali Kota Bogor Bima Arya Intervensi Tindakan Medis Rizieq Shihab

Direktur Rumah Sakit UMMI, Andi Tatat, mengatakan sebelum pulang, pihak rumah sakit sudah menyarankan agar Rizieq Shihab menunggu hasil pemeriksaan tes usap selesai.

"Tetapi beliau tetap meminta pulang. Oleh karena ada hasil yang belum selesai, kami mohon kepada kelurga besar Habib Rizieq Shihab untuk tetap menjalankan isolasi," kata Andi dalam konfrensi persnya dikutip dari Kompas.com pada Minggu (29/11/2020).

Andi menambahkan, pihak rumah sakit juga sampai saat ini belum mendapatkan laporan terkait hasil tes usap tenggorokan Rizieq. 

Sebab, tes usap itu dilakukan secara pribadi melalui Medical Emergency Rescue Commite (Mer-C). Mer-C merupakan organisasi sosial kemanusian yang bergerak dalam bidang kegawatdaruratan medis.

Baca Juga: FPI Konfirmasi Rizieq Shihab Telah Keluar dari Rumah Sakit

Rumah Sakit UMMI, kata Andi, juga tidak berniat menyembunyikan data terkait pasien. Andi mengakui ada kelemahan secara internal dalam komunikasi dan koordinasi.

Penulis : Tito-Dirhantoro

Sumber : Kompas TV


TERBARU