> >

Rektor Uhamka Kukuhkan Prima Gusti Yanti Sebagai Guru Besar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Budaya | 18 November 2020, 05:10 WIB
Rektor Uhamka Gunawan Suryoputro saat mengukuhkan Prima Gusti Yanti Sebagai Guru Besar (Profesor) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA di Jakarta, Senin (16/11/2020) (Sumber: Humas Uhamka)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Prima Gusti Yanti resmi dikukuhkan sebagai Guru Besar atau Profesor dalam bidang ilmu pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Wanita kelahiran Pekanbaru, 7 Agustus 1966 ini menjadi Guru Besar atau Profesor yang ke-16 di UHAMKA dan ke-131 di Muhammadiyah pada Senin (16/11/2020).

Baca Juga: Mahfud MD: Pimpinan NU dan Muhammadiyah Minta Kita Jaga Persatuan Indonesia

Pengukuhan Profesor itu digelar dalam sidang senat terbuka Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) di Jakarta.

Mereka yang hadir antara lain; Ketua LLDIKTI wilayah III Agus Setyo Budi, Ketua Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan PP Muhammadiyah Siti Muslimah Widiyastuti, ketua PWM DKI Jakarta, BPH Uhamka, pimpinan Uhamka, dan tamu undangan yang mengikuti kegiatan ini secara daring (online).

Pada pengukuhan tersebut juga dihadiri secara langsung oleh Senat Uhamka, Rektor Uhamka, dan keluarga besar Prima Gusti Yanti, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang ketat.  

Rektor Uhamka Gunawan Suryoputro dalam sambutannya mengatakan, pengukuhan Profesor kali ini bersamaan dengan milad Uhamka ke-63.

“Saya bangga dan bahagia sekaligus tertantang untuk terus melahirkan profesor-profesor berikutnya, sehingga peran serta Uhamka dalam meningkatkan kualitas pendidikan menjadi lebih terasa dan nyata. Untuk itu, Uhamka akan terus melakukan upaya dalam menghadapi tantangan tersebut sebagai rasa tanggungjawab dalam mengembangkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat serta memperkuat kelembagaan Uhamka itu sendiri”, ujar Gunawan, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (17/11/2020).

Menurut Gunawan, untuk meraih dan menjadi profesor itu tidaklah mudah, tetapi juga tidak akan sulit mencapainya selama ada ikhtiar maksimal secara sungguh-sungguh dan bekerja keras.

Prof. Dr. Hj. Prima Gusti Yanti, M.Hum., yang dikukuhkan sebagai profesor menyampaikan orasi ilmiah.

Penulis : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU