> >

Jaksa Agung: Saya Tak Butuh Jaksa Pintar tapi Tidak Berintegritas!

Hukum | 14 November 2020, 21:32 WIB
Jaksa Agung Burhanudin, Rabu (08/01/2020) (Sumber: KompasTV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jaksa Agung ST Burhanuddin memberi pesan tegas, bahwa dirinya membutuhkan jaksa tidak hanya pintar, namun juga berintegritas.

Penegasan itu disampaikan Jaksa Agung ST Burhanuddin dalam acara pelantikan dan pengambilan sumpah anggota Satuan Tugas Khusus Penanganan dan Penyelesaian Perkara Tindak Pidana Khusus (Satgassus P3TPK) pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus yang digelar secara virtual.

“Untuk kesekian kalinya saya tegaskan, saya tidak butuh Jaksa pintar tapi tidak berintegritas. Saya butuh Jaksa yang pintar dan berintegritas," tegas Burhanuddin, seperti dikutip Tribunnews, Sabtu (14/11/2020).

Jaksa Agung berpesan kepada Anggota Satgassus P3TPK untuk menjaga dan memelihara amanah yang telah dipercayakan dengan senantiasa mempertahankan integritas, loyalitas, disiplin, serta komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab.

Dalam sambutannya, Burhanuddin menyebut acara ini mengingatkannya tentang hakikat pembentukan Satgassus P3TPK. Pembentukan satgas ini adalah upaya konkret Kejaksaan Agung dalam rangka meningkatkan intensitas percepatan, keakurasian penanganan, dan penyelesaian perkara tindak pidana korupsi.

Baca Juga: Setahun Kinerja Jaksa Agung ST Burhanuddin: Masih Kecolongan dan Diwarnai Pembangkangan oleh Bawahan

"Diharapkan mampu menghadirkan penegakan hukum pemberantasan korupsi yang efektif dan efisien guna menciptakan Indonesia yang bersih dan bebas dari korupsi," katanya.

Prosesi ini, lanjut Burhanuddin, menegaskan kembali komitmen pemahaman bahwa tindak pidana korupsi telah berdampak luas dan merusak sendi-sendi kehidupan bangsa dan negara.

"Sudah sewajarnya mendorong pemahaman bahwa tindak pidana korupsi merupakan musuh bersama yang harus diperangi secara bersama-sama sampai ke akar-akarnya," tukas Jaksa Agung.

Burhanuddin mengingatkan, dinamika perubahan modus operandi tindak pidana korupsi cenderung semakin kompleks. Bahkan sudah bertransformasi.

Penulis : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU