> >

JK: Museum Sejarah Nabi Muhammad dan Peradaban Islam Akan Jadi Ikon Baru Jakarta

Sosial | 25 Oktober 2020, 16:57 WIB
Ketua Dewan Pembina Yayasan Sejarah Nabi Muhammad Saw dan Peradaban Islam, Jusuf Kalla didampingi Sekjen Rabithah Alam Islamiyah (Liga Dunia Islam) Mohammad Abdul Karim Al Issa menyaksikan penandatanganan naskah kerja sama pendirian dan pembangunan Museum Sejarah Rasulullah SAW dan Peradaban Islam di Indonesia antara Komjen Pol. (Purn) Dr Syafruddin selaku Ketua Yayasan Sejarah Nabi Muhammad Saw dengan Abdul Rahman bin Muhammad Al Mathar selaku Deputi Eksekutif Liga Dunia Islam, Sabtu (24/10/2020) malam waktu setempat di Riyadh, Arab Saudi. (Sumber: Istimewa)

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Rencana pembangunan Museum Sejarah Nabi Muhammad SAW dan Peradaban Islam di Indonesia akan segera terwujud.

Penandatanganan perjanjian kerja sama pendirian dan pembangungan Museum Sejarah Rasulullah SAW dan Peradaban Islam telah dilakukan pada Sabtu malam (24/10/2020) waktu setempat di Riyadh, Arab Saudi.

Penandatangan dilakukan oleh Komjen Pol. (Purn) H Syafruddin selaku Ketua Yayasan Sejarah Nabi Muhammad Saw dan Abdul Rahman bin Muhammad Al Mathar selaku Deputi Eksekutif Liga Dunia Islam dan disaksikan oleh Wakil Presiden ke-12 Jusuf Kalla bersama Sekjen Rabithah Alam Islamiyah (Liga Dunia Islam) Mohammad Abdul Karim Al Issa.

Baca Juga: Jusuf Kalla ke Arab Bahas Pembangunan Museum Sejarah Nabi Muhammad

“Umat Islam di Indonesia sangat menantikan museum yang akan menyajikan sejarah Nabi Muhammad untuk meningkatkan kecintaan kepada Rasulullah dan keimanannya kepada Allah SWT,” ujar Jusuf Kalla, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (25/10/2020).

Jusuf Kalla  menjelaskan Museum Sejarah Rasulullah SAW dan Peradaban Islam di Indonesia akan menampilkan secara khusus bagaimana sejarah para pedagang dari jazirah Arab membawa Islam ke Indonesia.

Kemudian sejarah datangnya para ulama dari Arab untuk menyuguhkan sejarah bagaimana Islam pada waktu itu, sehingga 90 persen penduduk Indonesia beragama Islam.

Menurutnya, Museum Sejarah Rasulullah SAW dan Peradaban Islam tidak hanya akan menarik perhatian rakyat Indonesia, tetapi juga muslim di negara-negara sekitar yang akan berkunjung ke Indonesia.

Baca Juga: Museum Sejarah Nabi Muhammad SAW dan Peradaban Islam Bakal Berdiri di Lahan Reklamasi Ancol

Museum akan menjadi ikon baru bagi Jakarta yang baru, seperti halnya bangunan-bangunan penanda kota-kota besar di dunia.

Penulis : Johannes-Mangihot

Sumber : Kompas TV


TERBARU